Kapolda Banten Tinjau TPS Pilkades, Apresiasi Ada Layanan Vaksinasi

Tim detikcom - detikNews
Minggu, 17 Okt 2021 13:47 WIB
Kapolda Banten Irjen Rudy Heriyanto Adi Nugroho
Kapolda Banten Irjen Rudy Heriyanto Adi Nugroho (Foto: dok. Istimewa)
Jakarta -

Kapolda Banten Irjen Rudy Heriyanto Adi Nugroho bersama Wakapolda Banten Brigjen Ery Nursatari meninjau sejumlah tempat pemungutan suara (TPS) pemilihan kepala desa (pilkades) di Kabupaten Pandeglang. Rudy mengapresiasi panitia yang telah menyediakan layanan vaksinasi.

Rudy kali ini mengunjungi TPS 01 di Kampung Kaduapus, Desa Babadsari, Kecamatan Jiput, Kabupaten Pandeglang. Sebelumnya, dia bersama rombongan melakukan kunjungan ke TPS 03 Kampung Pasir Kondang, Desa Pandat, Kecamatan Mandalawangi.

"Alhamdulillah hari ini di TPS 01 Kampung Kaduapus, Desa Babadsari, Kecamatan Jiput, kegiatan proses pemungutan suara berjalan dengan baik dan aman. Saya ucapkan terima kasih kepada seluruh masyarakat yang telah datang ke TPS dan memberikan hak suaranya dalam pemilihan calon kepala desa di Desa Babadsari ini," kata Rudy dalam keterangan tertulis, Minggu (17/10/2021).

Rudy juga mengapresiasi kepada panitia pelaksana bahwa di TPS 01 Kampung Kaduapus, Desa Babadsari, Kecamatan Jiput, yang telah menyediakan layanan vaksinasi untuk masyarakat.

"Dan saya juga mengapresiasi panitia pelaksana yang telah menyediakan layanan vaksinasi kepada masyarakat, sehingga diharapkan masyarakat yang belum divaksin dapat divaksin saat datang ke TPS," imbuhnya.

Rudy juga menyampaikan arahan kepada personel yang bertugas agar melaksanakan tugas sesuai dengan SOP dan selalu memperhatikan kesehatan.

"Untuk itu, saya mengimbau kepada seluruh personel yang bertugas dalam pengamanan pilkades ini dapat melaksanakan tugas dengan baik serta selalu bersinergi dengan instansi terkait. Dan yang terpenting selalu menjaga netralitas, jangan berpihak pada salah satu calon kepala desa," tegas Rudy.

"Dan juga selalu waspada saat melaksanakan tugas, kawal logistik dari desa sampai TPS, serta laksanakan PAM di TPS sampai selesai dan kawal hasil pencoblosan sampai di desa," lanjutnya.

Selain itu, Rudy mengimbau kepada personel untuk memperhatikan kesehatannya. Hal itu mengingat pelaksanaan pilkades masih dalam masa pandemi COVID-19.

"Tetap jaga kesehatan dan ingatkan masyarakat untuk tetap menjaga protokol kesehatan selama proses pencoblosan di TPS dan segera laporkan secara berjenjang apabila menemukan adanya potensi kerawanan saat pilkades," ucapnya.

Kapolda Banten Borong Dagangan Warga

Di sela-sela kunjungannya, Irjen Rudy juga sempat memborong dagangan milik warga. Rudy memborong beberapa dagangan milik warga yang berjualan di depan TPS 01 yang berada di Kampung Kaduapus, Desa Babadsari, Kecamatan Jiput, Kabupaten Pandeglang.

Adapun makanan yang diborong Kapolda Banten ialah makanan tradisional otak-otak dan jajanan.

Pedagang otak-otak, Ida, mengucapkan terima kasih kepada Kapolda Banten. Ia mengaku sangat senang Kapolda Banten memborong barang dagangannya.

"Terimakasih, Pak, sudah membeli barang dagangan saya," ujarnya.

Hal senada juga dikatakan Bahriah, yang merupakan pedagang warung. Ia merasa bahagia barang dagangannya dibeli Rudy.

"Terima kasih, Pak, telah mampir dan membeli barang dagangan saya," ujarnya.

(knv/gbr)