Anies Didukung Nyapres Warga Tanah Merah, PAN: Tuntaskan Dulu Masa Jabatan

Lisye Sri Rahayu - detikNews
Minggu, 17 Okt 2021 07:44 WIB
Sekretaris Fraksin PAN DKI Jakarta, Oman Rohman Rikanda
Oman Rohman Rikanda (dok. Pribadi)
Jakarta -

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan didukung warga Tanah Merah, Jakarta Utara (Jakut), untuk maju menjadi calon presiden 2024. Anggota DPRD DKI Jakarta meminta Anies berfokus bekerja di Ibu Kota.

Sekretaris Fraksi PAN DPRD DKI Oman Rohman Rakinda awalnya merespons dukungan warga Tanah Merah kepada Anies. Dukungan itu, kata Oman, adalah bentuk kecintaan warga kepada Anies.

"Dukungan itu artinya Pak Anies dicintai warganya. Warga merasa Gubernur telah berpihak pada rakyat," kata Oman kepada wartawan, Sabtu (16/10/2021).

Warga memberikan dukungan kepada Anies itu saat dirinya meresmikan jaringan pipa air bersih dan drainase. Oman menilai penyediaan air bersih kepada warga itu, menurutnya, salah satu bentuk keberpihakan kepada rakyat.

"Pemenuhan kebutuhan akan air bersih dan status bangunan rumah warga memberi impresi yang kuat terhadap keberpihakan pada rakyat," jelasnya.

Namun, walaupun Anies didukung warga untuk menjadi calon presiden, Oman meminta Gubernur DKI Jakarta itu menuntaskan kerja di sisa masa jabatan. Dia berharap Anies agar tetap fokus bekerja.

"Meski demikian, tuntaskan masa jabatan yang satu tahun lagi, fokus bekerja," katanya.


Gerindra: Tetap Fokus Urus Jakarta


Sementara itu, Fraksi Gerindra mendorong Anies Baswedan tetap fokus mengurus Jakarta, meskipun banyak yang mengaitkan untuk mencalonkan diri pada Pilpres 2024.

"Untuk Pak Anies sendiri, kami yakin beliau masih tetap fokus mengurus Jakarta. Hanya memang banyak yang mengaitkan ini itu bagi beliau ke urusan 2024," kata Ketua Fraksi Gerindra DPRD DKI Rani Mauliani saat dihubungi terpisah.

Mengenai dukungan kepada Anies, Rani mengatakan semua pihak mendukung dan didukung. Namun saat ini, Gerindra DKI Jakarta masih fokus pada penanganan Corona.

"Ya kalau perihal dukungan kan siapa saja berhak mendukung dan didukung, tapi untuk di Gerindra sendiri kami memang masih fokus pada kondisi saat ini terutama pada dampak pandemi yang masih terus butuh perhatian, walau 2024 juga perlu dipersiapkan," katanya.

Lebih lanjut, Rani mengatakan pencalonan pada Pilpres 2024 akan ada mekanismenya. Partai Gerindra, kata Rani, masih mendorong Ketum Prabowo Subianto untuk menjadi calon Presiden.

"Tapi kami yakin hal tersebut nanti pasti akan ada mekanisme tersendiri, apalagi bagi Gerindra yang masih yakin dorongan dari internal kader masih pada Pak Prabowo," jelasnya.

Simak respons Anies didukung nyapres pada halaman selanjutnya.

Lihat juga Video: Anies Dikritik soal Kaum Marginal di Jakarta, Gelandangan Naik 200%

[Gambas:Video 20detik]