DKI Resmi Jadi Tuan Rumah Formula E, PDIP Minta Transparansi Pendanaan

Lisye Sri Rahayu - detikNews
Minggu, 17 Okt 2021 07:18 WIB
anggota Fraksi PDIP DKI Jakarta Gilbert Simanjuntak
Foto: Anggota Fraksi PDIP DKI Jakarta Gilbert Simanjuntak (dok.probadi)

Lebih lanjut, Gilbert menyinggung Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan yang tak menjelaskan langsung mengenai Formula E ini kepada DPRD. Dia mengaitkan Anies yang menghadiri Forum Workshop Nasional PAN di Bali pada Senin (4/10) lalu.

"Kebijakan Gubernur soal Formula E tidak pernah dijelaskan langsung. Giliran urusan pribadinya ke acara PAN di Bali, bisa tatap muka dan jelaskan langsung. Padahal ini menggunakan uang rakyat," jelasnya.

DKI Jakarta resmi menjadi tuan rumah Formula E pada 4 Juni 2022. Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengatakan penyelenggaraan Formula E sudah sejalan dengan arahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) terkait energi ramah lingkungan.

"Hadirnya Formula E di Jakarta sejalan dengan upaya Presiden Jokowi dalam mengurangi ketergantungan Indonesia pada energi konvensional, dan beralih pada energi ramah lingkungan," kata Anies dalam akun Instagram pribadinya, @aniesbaswedan, Sabtu (16/10/2021).

Anies menyebut keputusan penyelenggaraan Formula E di DKI ditetapkan melalui FIA World Motor Sport Council di Paris, pada 15 Oktober 2021 yang sekaligus meratifikasi kalendar balapan musim ke-8 tahun 2021/2022. Chief Championship Officer sekaligus Co-founder Formula E, Alberto Longo juga mengapresiasi Indonesia atas penyelenggaraan Formula E di DKI.


(lir/jbr)