Nama-nama Capres dari Luar Jawa Bisa Buat Kejutan

Matius Alfons - detikNews
Jumat, 15 Okt 2021 19:32 WIB
Ilustrasi Bilik Suara
Ilustrasi (Pradita Utama/detikcom)
Jakarta -

Lembaga survei KedaiKOPI menggelar diskusi bertajuk 'Memprediksi Kemunculan Capres Ala Pembagian Wilayah Penanganan Covid (Jawa Bali - Non Jawa Bali)'. Analis Komunikasi Politik Universitas Paramadina Hendri Satrio mengatakan ada sejumlah nama dari luar Jawa yang mungkin bisa membuat kejutan di Pilpres 2024.

"Kita sekarang harus fokus mencari calon pemimpin Indonesia, seperti Erick Thohir, Sandiaga Uno, Abraham Samad, dan Zulkiflimansyah. Mereka bisa membuat kejutan," kata Hendri Satrio saat diskusi, Jumat (15/10/2021).

Senada dengan Hendri, Direktur Eksekutif Politics and Public Policy Studies (P3S) Jerry Masie juga menyebut masih ada peluang nama-nama baru lainnya muncul hingga 2024. Menurutnya, sangat mungkin jika muncul nama di kalangan menteri hingga milenial.

"Politik itu dinamis, akan bisa muncul nama-nama dari klaster menteri, milenial, dan keumatan selain nama-nama dari klaster kepala daerah yang sering muncul di media," ucapnya.

Sementara itu, peneliti senior dari LIPI, Siti Zuhro, menyebut masyarakat saat ini sudah dewasa dalam berpolitik. Dengan demikian, kata dia, seharusnya pemilihan pemimpin berdasarkan etnis atau asal daerah sudah tidak diperlukan lagi.

"Walaupun alasannya sesederhana orang Jawa lebih suka calon presiden dari Jawa," ujarnya.

(maa/knv)