Peraturan Ganjil Genap Terbaru Jakarta, Kini Hanya Pagi dan Sore

Tim detikcom - detikNews
Jumat, 15 Okt 2021 14:56 WIB
Peraturan Ganjil Genap Terbaru Jakarta, Kini Hanya Pagi dan Sore
Peraturan Ganjil Genap Terbaru Jakarta, Kini Hanya Pagi dan Sore / Foto: Rifkianto Nugroho
Jakarta -

Peraturan ganjil genap terbaru di Jakarta diterapkan oleh Polda Metro Jaya. Kini, ganjil genap Jakarta tidak lagi diberlakukan seharian melainkan hanya pagi dan sore.

Sebelumnya diketahui bahwa penerapan ganjil selama PPKM level 3 ini, polisi menerapkan ganjil genap setiap hari di Jl Sudirman-Thamrin dan Kuningan pada pukul 06.00-22.00 WIB. Pemberlakuan ganjil genap Jakarta sebelumnya juga berlaku setiap hari, termasuk akhir pekan.

Namun, kini aturannya berubah. Perubahan aturan ini diumumkan oleh Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Sambodo Purnomo Yogo kepada wartawan di Polda Metro Jaya, Jakarta, Jumat (15/10/2021).

Berikut peraturan ganjil genap terbaru di Jakarta sesuai yang diumumkan polisi:

Peraturan Ganjil Genap Terbaru: Hanya Pagi dan Sore

Ganjil genap Jakarta saat ini dibagi menjadi 2 sesi pagi dan sore hari. Itu artinya peraturan ganjil genap terbaru tersebut dapat dikatakan kembali lagi seperti yang tercantum di Peraturan Gubernur (Pergub).

"Terkait jam operasional jadi kita kembalikan kepada peraturan gubernur. Bahwa yang pertama Gage berlaku dari jam 06.00-10.00 WIB, kemudian dari jam 16.00-20.00 WIB," kata Kombes Sambodo.

Peraturan Ganjil Genap Terbaru: Tidak Berlaku Setiap Hari

Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Sambodo Purnomo Yogo mengatakan bahwa aturan ganjil genap terbaru kini tidak diterapkan setiap hari, melainkan hanya Senin hingga Jumat. Sedangkan untuk hari Sabtu, Minggu, dan libur nasional, aturan ganjil genap tidak lagi diterapkan.

"Untuk Sabtu ,Minggu dan libur nasional Gage tidak berlaku," ujarnya.

Peraturan Ganjil Genap Terbaru Jakarta, Kini Hanya Pagi dan SorePeraturan Ganjil Genap Terbaru Jakarta, Kini Hanya Pagi dan Sore Foto: Rifkianto Nugroho

Peraturan Ganjil Genap Terbaru: Tidak Dijaga Lagi

Peraturan ganjil genap terbaru yang juga perlu diketahui adalah soal penjagaan. Kini, area ganjil genap Jakarta tidak lagi dijaga polisi.

Kemudian, polisi juga tidak akan lagi berjaga di mulut ganjil genap. Polisi hanya melakukan penjagaan di tengah-tengah kawasan ganjil genap.

"Jadi mulai hari ini dan seterusnya munkin teman-teman melihat sejak di tadi pagi sudah tidak ada lagi anggota kami berjaga di mulut mulut Gage, seperti di Bundaran Senayan ataupun di Patung Kuda atau pun di Kuningan dan sebagainya," ujarnya.

Peraturan ganjil genap terbaru sudah dijabarkan. Lalu, apakah sanksi tilang tetap berlaku? Baca di halaman berikutnya

Simak juga 'Wilayah Ganjil-genap di Jakarta Masih Berlaku-Akan Diperluas':

[Gambas:Video 20detik]