Peringatan Hari Cuci Tangan Sedunia 15 Oktober: Tema dan Info Pentingnya

Salma Rafifa Aprillya - detikNews
Jumat, 15 Okt 2021 13:40 WIB
Jakarta -

Peringatan Hari Cuci Tangan Sedunia jatuh pada tanggal 15 Oktober. Diketahui bahwa pada masa pandemi Covid-19 ini, mencuci tangan merupakan salah satu cara paling efektif untuk menghentikan penyebaran Covid-19.

Direktur Kesehatan Lingkungan Kementerian Kesehatan Vensya Sitohang mengungkapkan bahwa mencuci tangan dengan sabun adalah cara termurah dan paling efektif untuk menghentikan penularan COVID-19 dan akan tetap menjadi tindakan pencegahan. Selain COVID-19, cuci tangan pakai sabun (CTPS) dapat menurunkan penyakit diare hingga 30% dan ISPA hingga 20%.

"Untuk menghentikan penularan Covid-19 dan mencegah wabah di masa depan, semua orang di manapun harus melakukan praktik CTPS," ujar Vensya dalam konferensi pers secara virtual Hari Cuci Tangan Pakai Sabun Sedunia, Rabu (13/10).

Berikut informasi menarik lainnya mengenai peringatan Hari Cuci Tangan Sedunia.

Peringatan Hari Cuci Tangan Sedunia: Tema Tahun Ini

Diketahui bahwa kuman yang dapat membuat orang sakit menyebar ketika kita tidak mencuci tangan dengan sabun dan air bersih yang mengalir. Itulah mengapa mencuci tangan menjadi kegiatan yang paling penting, terutama di tengah pandemi Covid-19 ini.

Tahun ini, peringatan Hari Cuci Tangan Sedunia bertema 'Masa Depan Kita di Tangan Kita - Mari Beraksi Bersama Untuk Membuat CTPS Nyata Bagi Semua'. Peringatan Hari Cuci Tangan Sedunia ini merupakan salah satu upaya masyarakat dalam mencegah penularan berbagai penyakit.

Peringatan Hari Cuci Tangan Sedunia: Ini Sejarahnya

Hari Cuci Tangan Sedunia berfungsi sebagai pengingat bahwa mencuci tangan dengan sabun dan air adalah salah satu langkah terbaik yang dapat kita ambil untuk menghindari sakit dan menyebarkan kuman ke orang lain. Peringatan Hari Cuci Tangan Sedunia ini pertama dicetuskan oleh Global Handwashing Partnership pada tahun 2008.

Sejak saat itu pada tanggal 15 Oktober diperingati sebagai Hari Cuci Tangan Sedunia. Di Hari Cuci Tangan Sedunia ini menyoroti pentingnya mencuci tangan dengan sabun dan air di rumah, di masyarakat, dan di seluruh dunia.

Peringatan Hari Cuci Tangan Sedunia: Pentingnya Mencuci Tangan

Mencuci tangan dengan sabun dan air tidak hanya sederhana dan murah, tetapi juga dapat secara dramatis mengurangi penyakit pada anak kecil. Mengajarkan orang tentang mencuci tangan dapat membantu masyarakat agar tetap sehat.

Berdasarkan situs Centers for Disease Control and Prevention (CDC) Edukasi cuci tangan di masyarakat dapat:

  1. Mengurangi jumlah penyakit diare sekitar 23-40%
  2. Mengurangi penyakit gastrointestinal pada anak sebesar 29-57%
  3. Mengurangi penyakit diare pada orang dengan sistem kekebalan yang lemah sekitar 58%
  4. Mengurangi penyakit pernapasan, seperti pilek sekitar 16-21%

Simak informasi peringatan Hari Cuci Tangan Sedunia di negara-negara lain di halaman selanjutnya.