Lewat Pinky Movement, Pertamina Raih Penghargaan TOP CSV Award 2021

Nurcholis Maarif - detikNews
Jumat, 15 Okt 2021 13:30 WIB
Bright Gas Pertamina
Foto: Pertamina
Jakarta -

PT Pertamina (Persero) melalui program Creating Shared Value (CSV) Pinky Movement berhasil meraih penghargaan Top CSV Award 2021 dari Media Brand INFOBRAND.ID. Penghargaan tersebut diterima oleh Manager SMEPP PT Pertamina (Persero) Rudi Ariffianto dalam acara webinar nasional CSR to CSV pada Kamis (14/10) lalu.

TOP CVS Award 2021 merupakan apresiasi yang diberikan kepada perusahaan-perusahaan yang telah merancang dan berhasil menjalankan program CSV (Creating Shared Value) hingga menciptakan nilai ekonomi (economic value) dan nilai sosial (social value) yang berkelanjutan. Pertamina berhasil meraih total poin 4,28 dari skala 5 dalam ajang tersebut.

Pjs. Senior Vice President Corporate Communications & Investor Relations Pertamina, Fajriyah Usman mengatakan penghargaan TOP CSV AWARD 2021 untuk program CSV 'Pinky Movement' ini membuktikan komitmen dan peran Pertamina dalam program CSV cukup kuat.

"Program Pinky Movement dimulai sejak tahun 2020 dan telah memberikan value creation baik bagi masyarakat khususnya para UMKM, Pertamina sebagai pelaksana program maupun Pemerintah selaku Regulator," ujarnya dalam keterangan tertulis, Jumat (15/10/2021).

Program Pinky Movement merupakan sebuah program Tanggung Jawab Lingkungan dan Sosial (TJSL) yang menyasar UMKM untuk dapat naik kelas melalui pembiayaan modal usaha dan pembinaan. Program ini menekankan pada upaya konkret untuk menurunkan beban subsidi dan menjadi tepat sasaran.

Sehingga peluang UMKM khususnya usaha outlet LPG untuk mengembangkan bisnisnya makin terbuka lebar dengan menjual LPG nonsubsidi, maupun UMKM pengguna LPG subsidi yang ingin beralih menggunakan LPG nonsubsidi bisa mendapat manfaat yang lebih dengan mengikuti program ini.

Hingga bulan September 2021, program ini telah menyasar 46% sasaran program atau sebanyak 392 UMKM mendapatkan pembinaan (manajemen usaha, pemasaran, pembukuan, dsb). Kemudian sebanyak 123 UMKM mendapatkan pembinaan akses perizinan dan sertifikasi Usaha.

Lalu sebanyak 123 UMKM outlet LPG berpotensi mendapatkan akses pemasaran secara online (MyPertamina, Call Center 135, Web Pertamina dan brightgas.co.id.) dam 100 UMKM kuliner akses marketplace, serta sebanyak 392 UMKM mendapatkan Coaching dari praktisi.

Melalui Program Pinky Movement, Pertamina terus menunjukkan dukungannya terhadap pencapaian SDGs (Sustainable Development Goals) khususnya di point 8 dalam meningkatkan pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan serta implementasi program-program berbasis ESG (Environmental, Social, and Governance) di seluruh wilayah operasionalnya. Hal ini merupakan bagian dari TJSL demi mewujudkan manfaat ekonomi di masyarakat.

Sementara itu, CEO INFO BRAND Group Susilowati Ningsih mengatakan penghargaan tersebut menjadi bukti keberhasilan program CSV perusahaan. Sehingga dapat menunjukkan citra positif perusahaan dalam menjalankan program TJSL dan meningkatkan daya saing dalam pertumbuhan bisnis berkelanjutan.

"Selamat kepada para peraih penghargaan dan semoga dapat menginspirasi perusahaan lain dalam menerapkan CSR menjadi CSV yang berkelanjutan," pungkasnya.

(ncm/ega)