Anies Bangun Rusun di Kampung Kunir yang Digusur Era Ahok, PDIP: Pencitraan

Eva Safitri - detikNews
Jumat, 15 Okt 2021 07:50 WIB
Anies Baswedan resmikan proyek Kampung Susun Kunir (Tiara-detikcom)
Anies Baswedan resmikan proyek Kampung Susun Kunir (Tiara/detikcom)
Jakarta -

PDIP mengkritik rencana Gubernur DKI Anies Baswedan yang akan membangun rumah Kampung Susun Kunir, Tamansari, Jakarta Barat di lahan yang pernah digusur Basuki Tjahaja Purnama (Ahok). Diketahui, lahan itu sebelumnya digusur karena melanggar izin pendirian bangunan karena berada di bantaran sungai Ciliwung.

"Kalau memang peruntukannya bukan untuk perumahan digusur tapi dibangun lagi itu cuma sekadar lebih banyak ke pencitraan," kata Anggota DPRD DKI fraksi PDIP Johny Simanjuntak, kepada wartawan, Kamis (14/10/2021).

Menurut Jhony, bantaran kali itu tidak diperuntukkan untuk pemukiman. Dia menilai Anies seharusnya membangun kampung susun di tempat lain.

"Kan kita tahu bantaran itu kan bukan untuk pemukiman, kalau kemudian dibangun sekarang itu sama saja pencitraan, dia mau menunjukkan pokoknya beda dengan yang kemarin," ujarnya.

"Kan masih bisa dibangun ditempat lain, lebih bagus dibangun ditempat lain yang jauh dari bantaran kali, kita punya kok lahan Pemprov DKI yang bisa digunakan, kita bisa kok bangun di pusat kota yang tidak jauh dari tempat mereka cari nafkah," lanjut Jhony.

Di samping itu, Jhony menyatakan fraksi PDIP sebenarnya mendukung penuh program pembangunan rumah susun yang menjadi target Pemprov DKI. Terlepas dari adanya pandemi, Jhony mengatakan pihaknya kurang melihat aksi nyata pemprov menjalankan program tersebut.

"Fraksi PDIP mendorong Pemprov untuk memenuhi janji pemprov itu di RPJMD, khususnya untuk membangun rumah rumah susun yang targetnya ratusan ribu, artinya kami melihat bahwa pemprov kurang begitu fokus dalam pembangunan itu terlepas bahwa memang akhirnya ada pandemi mungkin refocusing anggaran ya. Tapi kita lihat selama ini kurang ada political real dari pemprov untuk membangun perumahan rakyat, padahal itu yang harus diperbanyak," tuturnya.

Tonton video 'Anies Bangun Kembali Kampung Kunir yang Pernah Digusur Ahok':

[Gambas:Video 20detik]



Simak terkait pencanangan Anies soal Kampung Susun Kunir di halaman berikut