PDIP Kritik Anies Lebih Pilih ke Warteg Ketimbang Ikut Paripurna DPRD

Tiara Aliya Azzahra - detikNews
Kamis, 14 Okt 2021 22:15 WIB
Anggota DPRD Fraksi PDIP Jhonny Simanjuntak
Jhonny Simanjuntak (Dok. Istimewa)
Jakarta -

Fraksi PDIP DPRD DKI Jakarta mengkritik Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan yang memilih datang ke warteg sedangkan di waktu bersamaan DPRD DKI menggelar rapat paripurna. Sekretaris Komisi E DPRD dari Fraksi PDIP Jhonny Simanjuntak menganggap Anies sedang menyepelekan anggota Dewan.

"Jadi Pak Anies seolah-olah mau mendegradasi lembaga politik yang representasi rakyat ini. Dia mau menunjukkan, saya lebih bagus ngurusin rakyat daripada ngurusin DPRD, kira-kira begitu. Jadi menyepelekan anggota DPRD," kata Jhonny saat ditemui di DPRD DKI Jakarta, Jl Kebon Sirih, Jakarta Pusat, Kamis (14/10/2021).

Sebagai informasi, rapat paripurna hari ini mengagendakan memorandum of understanding (MoU) atau nota kesepahaman kebijakan umum perubahan anggaran dan plafon prioritas anggaran sementara (KUPA-PPAS) APBD DKI tahun 2021. Namun, dari pihak Pemprov DKI diwakili oleh Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria.

Di waktu yang sama, Anies menghadiri program kolaborasi sosial berskala besar (KSBB) di Warteg Family, Matraman, Jakarta Timur. Bahkan, dia sempat memberikan nama kepada cucu pemilik warteg yang baru saja lahir.

Jhonny pun menyayangkan sikap Anies yang kerap absen dari paripurna DPRD. Bahkan, dia menganggap Anies sedang mencari simpati warga Jakarta sebelum masa jabatannya sebagai gubernur berakhir.

"Kalau saya menduga Pak Anies itu masa jabatannya sebentar lagi, banyak yang tidak bisa dia lakukan. Banyak langkah-langkah yang lebih banyak sekadar pencitraan dan populis itu," ujarnya.

Menurut Jhonny, Anies bisa melakukan cara lain jika ingin memperlihatkan kepedulian terhadap warga Ibu Kota. Misalnya, dengan meningkatkan sektor pelayanan kesehatan.

Simak selengkapnya, di halaman selanjutnya: