Bertemu di Yogyakarta, Bima Arya Ngobrol Akrab dengan Gibran

Yudistira Imandiar - detikNews
Rabu, 13 Okt 2021 23:35 WIB
Pemkot Bogor
Foto: Pemkot Bogor
Jakarta -

Wali Kota Bogor Bima Arya ngobrol akrab dengan Wali Kota Surakarta Gibran Rakabuming Raka. Momen kedekatan itu terjadi dalam acara Indo Smart City Forum & Expo (ISCFE) 2021 di Yogyakarta, Rabu (13/10/2021).

Usai membuka ISCFE, Bima yang bertindak sebagai Ketua Dewan Pengurus Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (APEKSI) berkeliling pameran yang diisi oleh kota-kota di Indonesia. Selain menampilkan penerapan teknologi di daerah, pameran tersebut juga menyuguhkan produk-produk unggulan daerah.

Dalam kegiatan tersebut, Bima didampingi beberapa kepala daerah. Namun, yang paling setia mendampingi hingga akhir hanya Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka.

Sambil berjalan berkeliling booth daerah-daerah, keduanya tampak terlibat percakapan. Salah satunya Bima bercerita sebelum terpilih menjadi Wali Kota Bogor, dirinya belajar banyak dari Kota Solo.

"Saya dulu sebelum jadi Wali Kota Bogor belajarnya ke Pak Jokowi. Diskusi setengah hari di Solo, belajar bedah APBD dan lain-lain," kata Bima seperti dikutip dalam keterangan tertulis, Rabu (13/10/2021).

Mendengar pernyataan Bima, Gibran tersenyum dan menyatakan dirinya juga banyak belajar dari pemimpin daerah-daerah lain.

Usai keliling pameran, Bima Arya dan Gibran menuju ruangan untuk memberikan keterangan media. Bima menyampaikan pameran ISCFE menampilkan wajah kota-kota di Indonesia dengan jelas.

"Kita bisa melihat perpaduan antara kearifan lokal dan kecanggihan teknologi ada di sini. Kita juga melihat kolaborasi antar kota dan berbagai pihak. Ini yang saya kira yang menjadi kekuatan kota-kota di Indonesia," sebut Bima.

Selain itu, ia mengatakan APEKSI sangat mengedepankan nilai persahabatan. Antar anggota APEKSI menjalin keakraban dan saling berbagi wawasan.

"Kita sama-sama saling mendorong, jadi tidak ada persaingan itu. Kita sama-sama fastabiqul khairat (berlomba-lomba dalam kebaikan) di APEKSI. Saling belajar, saling menolong dan saling mendorong. Semuanya dalam kerangka persahabatan," urai Bima.

Sementara itu, Gibran mengapresiasi helatan ISCFE yang digelar APEKSI pada 13-15 Oktober 2021.

"Ini luar biasa. Pertama kali saya mengikuti APEKSI. Saya banyak belajar dari kota-kota lain, dari wali kota-wali kota lain. Ini sangat luar biasa sekali inovasinya. Dan ini saya kira event ini adalah momen yang sangat tepat untuk membangkitkan dan juga men-trigger untuk percepatan pemulihan ekonomi," tutur Gibran.

"Tadi saya lihat inovasi-inovasi di daerah-daerah. Luar biasa sekali. Ini momen yg tepat sekaligus untuk silaturahmi. Kebetulan saya juga anak baru di sini. Saya banyak belajar di sini. Solo tidak mau ketinggalan, kita akan terus gaspol," cetus Gibran.

(ega/ega)