Bupati Minta Wisata Kepulauan Seribu Dibuka: Warga Andalkan Pariwisata

Tiara Aliya Azahra - detikNews
Rabu, 13 Okt 2021 19:43 WIB
Nochtwachter atau Sang Penjaga Utara. Begitulah julukan yang pernah tersematkan pada Pulau Sabira sejak zaman kolonial Belanda karena letaknya di paling utara wilayah Daerah Khusus Ibu Kota (DKI) Jakarta.
Kepulauan Seribu (ANTARA FOTO/ADITYA PRADANA PUTRA)

Menparekraf Sandiaga Uno sebelumnya memberi lampu hijau terkait pembukaan wisata Kepulauan Seribu, Jakarta Utara. Hal ini menindaklanjuti permintaan Pemprov DKI agar pemerintah segera mengeluarkan izin pembukaan pariwisata di Kepulauan Seribu.

"Kalau kita sih langsung saja, kalau sudah bersurat kita rekomendasikan langsung ke tim karena memang evaluasinya kan tiap minggu, walaupun diumumkannya tiap dua minggu tapi kan saya sendiri sudah ke Pulau Untung Jawa dan saya melihat prokes-nya sudah baik dilaksanakan jadi begitu. Teman-teman dari Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif bersurat kepada kita, kita langsung follow up," kata Sandiaga kepada wartawan, Minggu (3/10).

Pembukaan tempat wisata di Kepulauan Seribu sebelumnya sempat terkendala sertifikasi cleanliness, health, safety, environment, sustainability (CHSE) untuk menjamin penerapan protokol kesehatan COVID-19. Terkait hal ini, Sandiaga mengatakan nantinya objek wisata hanya perlu menyiapkan aplikasi PeduliLindungi untuk mendeteksi pengunjung.

"Di Pulau Untung Jawa kemarin enggak. Waktu saya kunjungi tinggal aplikasi PeduliLindungi-nya saja yang perlu kita siapkan. Sinyalnya juga udah oke sih" jelasnya.

"Nanti pakai PeduliLindungi dan nanti kan karena itu terintegrasi dengan sistem di DKI. Jadi bisa registrasi online terus bisa kita cek keputusannya terhadap CHSE," sambungnya.


(taa/lir)