Bupati Minta Wisata Kepulauan Seribu Dibuka: Warga Andalkan Pariwisata

Tiara Aliya Azahra - detikNews
Rabu, 13 Okt 2021 19:43 WIB
Nochtwachter atau Sang Penjaga Utara. Begitulah julukan yang pernah tersematkan pada Pulau Sabira sejak zaman kolonial Belanda karena letaknya di paling utara wilayah Daerah Khusus Ibu Kota (DKI) Jakarta.
Kepulauan Seribu (ANTARA FOTO/ADITYA PRADANA PUTRA)
Jakarta -

Bupati Kepulauan Seribu Junaedi meminta pemerintah pusat mengizinkan uji coba pembukaan pariwisata di wilayahnya. Junaedi menuturkan, selama ini masyarakat mengandalkan sektor pariwisata dalam mencari penghasilan.

"Sebagai potensi tenaga kerja dan ekonomi kreatif, harapannya ingin segera dibuka. Karena mereka (warga) potensinya hanya wisata di sana," kata Junaedi di Balai Kota DKI Jakarta, Jl Medan Merdeka Selatan, Rabu (13/10/2021).

Junaedi mengakui pihaknya telah berkirim surat ke Menko Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan yang juga menjabat Koordinator PPKM Jawa-Bali untuk membuka pariwisata Kepulauan Seribu. Setelah surat itu diproses, mekanisme selanjutnya yaitu menunggu turunnya rekomendasi dari Kemenparekraf.

"Kita tinggal menunggu rekomendasi dari Kemenparekraf, kan di situ ada tim, ada tim dari Menkomarves, mudah mudahan, kami juga sudah bersurat dua kali, juga yang terakhir bersurat ke Menko Marves (Luhut), artinya ini ya secepatnya dibuka," terangnya.

Sambil menunggu rekomendasi turun, Pemkab Kepulauan Seribu akan menyiapkan QR code PeduliLindungi untuk keperluan skrining wisatawan serta melengkapi sertifikat cleanliness, health, safety, environment, sustainability (CHSE).

Tak hanya itu, Junaedi juga melaporkan capaian vaksinasi di Kepulauan Seribu saat ini 95% untuk dosis pertama dan 80% untuk dosis kedua.

"Yang sudah siap dari 11 pulau sudah 9 pulau, mudah mudahan 2-3 hari sedang kita tata lagi dengan QR code," ujarnya.