2 Jabatan Dewan Pengarah Megawati Pemberian Jokowi

Tim detikcom - detikNews
Rabu, 13 Okt 2021 11:12 WIB
Presiden ke-5 RI Megawati Soekarnoputri (Foto: Tangkapan layar YouTube)
Presiden ke-5 RI Megawati Soekarnoputri (Foto: Tangkapan layar YouTube)
Jakarta -

Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri akan dilantik sebagai Dewan Pengarah Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) hari ini. Posisi tersebut bakal membuat Megawati jadi ketua dewan pengarah di dua badan.

Pelantikan Megawati jadi Dewan Pengarah BRIN dikonfirmasi oleh Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono. Pelantikan dilakukan langsung oleh Jokowi.

"Iya (pelantikan) BRIN, Dewan Pengarah," kata Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono kepada wartawan, Rabu (13/10/2021).

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menandatangani Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 78 Tahun 2021 tentang Badan Riset dan Inovasi Nasional atau BRIN. Perpres BRIN mencakup penjabat Dewan Pengarah hingga anggotanya dan unsur pelaksananya.

Dalam perpres yang dilihat pada Rabu (13/10/2021), BRIN disebutkan sebagai lembaga pemerintah yang menjalankan penelitian, pengembangan, pengkajian, dan penerapan serta invensi dan inovasi yang terintegrasi. Perpres BRIN juga mengatur Badan Riset dan Inovasi Daerah atau Brida.

BRIN memiliki dewan pengarah dan pelaksana. Pasal 7 ayat (1) Perpres BRIN menyatakan susunan Dewan Pengarah BRIN terdiri atas ketua, wakil ketua, sekretaris, dan anggota.

"Ketua sebagaimana dimaksud pada ayat (1) huruf a secara ex-officio berasal dari unsur Dewan Pengarah badan yang menyelenggarakan pembinaan ideologi Pancasila," bunyi pasal 7 tersebut.

Untuk diketahui, jabatan dewan pengarah Megawati bukan hanya pada BRIN saja. Dengan pelantikan ini, berarti Megawati menduduki dua jabatan dewan pengarah.

Satu lainnya adalah Ketua Dewan Pengarah Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP). Pelantikan Megawati jadi Ketua Dewan Pengarah BPIP juga dilakukan langsung oleh Presiden Joko Widodo. Pelantikan dilakukan di Istana Kepresidenan, Jakarta, Kamis (22/3/2018).

Simak Video: Kali Kedua Megawati Dilantik Jokowi Jadi Dewan Pengarah

[Gambas:Video 20detik]



(eva/tor)