Ada Kampung Literasi di Pasaman, DPD Harap Anak Muda Gemar Membaca

Jihaan Khoirunnissa - detikNews
Selasa, 12 Okt 2021 20:41 WIB
Anggota DPD RI Emma Yohanna
Foto: DPD RI
Jakarta -

Anggota DPD RI Emma Yohanna menghadiri Pencanangan Kampung Literasi Air Terbit di Nagari Panti, Kabupaten Pasaman, Sumatera Barat. Ia menyambut baik keberadaan Taman Baca Masyarakat TBM Rumah Lentera Air Terbit karena dinilai mampu meningkatkan minat baca masyarakat, terutama anak-anak muda.

"Saya mendorong anak-anak muda dan masyarakat di Panti dan Pasaman pada umumnya untuk menambah pengetahuannya melalui membaca dan berkreatifitas dengan fasilitas yg telah diberikan oleh pemerintah," ujar Emma dalam keterangan tertulis, Selasa (12/10/2021).

Menurut Senator asal Sumatera Barat itu buku adalah sumber ilmu pengetahuan yang bermanfaat. Dengan membaca buku maka masyarakat bisa mempelajari hal baru, sekaligus meningkatkan kualitas otak dalam proses mengingat.

"Dengan adanya Nagari Literasi ini maka anak-anak muda akan gemar membaca, daripada bermain HP terus menerus yang banyak sekali dampak negatifnya dibanding dampak positifnya," jelas Emma.

Sementara itu, Ketua panitia Pencanangan Kampung Literasi, Kurnia Hadinata mengatakan kegiatan yang dilaksanakan pada pencanangan tersebut adalah peluncuran program Kampung Literasi Air Terbit Nagari Panti. Kemudian diikuti peluncuran Gerakan Indonesia Membaca Kabupaten Pasaman serta peluncuran Motor Pustaka TBM Rumah Lentera.

"Saya berterima kasih semua pihak yang telah membantu kegiatan ini, khususnya kepada Bapak Direktur Pendidikan Masyarakat dan Pendidikan Khusus Kemendikbud, Anggota DPD RI Hj. Emma Yohanna, Kepala Dinas Pendidikan Sumbar, Wakil Bupati Pasaman, Wali Nagari Panti serta tokoh dan masyarakat Panti" ujar Hadi.

Hadi menyebut TBM Rumah Lentera telah mendapatkan kepercayaan untuk melaksanakan program peningkatan minat baca tahun 2021 dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI. Untuk menyukseskan program tersebut, lanjut dia, TBM Rumah Lentera telah menerima bantuan dana sebesar Rp 50 juta dari pihak kementerian dan satu-satunya di Sumatera Barat.

"Kegiatan dalam kampung literasi TBM Rumah Lentera ini banyak melibatkan anak-anak, remaja bahkan dewasa dalam kegiatan pagi membaca bersama di taman baca, olahraga gembira, gotong royong, aneka permainan tradisional dan berdongeng," terangnya.

Diungkapkannya, kegiatan pelatihan seni tradisi yang diselenggarakan TBM Rumah Lentera yaitu pelatihan sanggar silat untuk remaja putra dan sanggar tari tradisi bagi remaja putri. Selain itu ada juga pelatihan menulis dan pelatihan pembuatan kerajinan tangan dari bahan limbah.

Sebagai informasi, ikut hadir dalam kegiatan tersebut Kepala Dinas Pendidikan Sumbar Adib Alfikri, Wakil Bupati Pasaman Sabar AS, Camat Panti, Wali Nagari Panti Yefrialdi Dt Simarajo dan undangan dari unsur tokoh-tokoh masyarakat, seperti ninik mamak, bundo kanduang serta pegiat literasi Pasaman.

(ega/ega)