Tanggal 13 Oktober Hari Apa? Ini Makna di Balik No Bra Day

Tim detikcom - detikNews
Selasa, 12 Okt 2021 15:21 WIB
Breast cancer awareness.
Tanggal 13 Oktober Hari Apa? Ini Makna di Balik No Bra Day (Foto: Getty Images/iStockphoto/burakkarademi)
Jakarta -

Tanggal 13 Oktober hari apa jadi pertanyaan penting yang tak boleh dilewatkan. Besok diperingati sebagai No Bra Day atau Hari Tanpa Bra.

Peringatan ini bukan diartikan sebagai hari tanpa mengenakan bra saja, namun ada makna mendalam di balik No Bra Day yang dirayakan di berbagai negara. detikcom merangkum ulasannya berikut ini.

Makna Mendalam Peringatan No Bra Day

Kampanye No Bra Day menjawab pertanyaan soal tanggal 13 Oktober hari apa. Kampanye ini dilakukan sebagai bentuk pengingat bagi kaum perempuan.

Melansir BBC, kampanye No Bra Day bermula pada tahun 2011 lalu. Saat itu media sosial diramaikan dengan tagar #nobraday yang bertujuan meningkatkan kesadaran perempuan soal kanker payudara.

Tanpa bra, diharapkan para perempuan melakukan pemeriksaan diri sendiri terkait gejala kanker payudara yang mungkin ditemukan. Hal ini lantaran kesadaran soal gejala kanker payudara masih sangat minim.

Baru 2% yang Tau Gejala Kanker Payudara

Menurut Corrine Beaumont, pendiri yayasan nonprofit Worldwide Breast Cancer, hanya sekitar 2% wanita yang mengetahui gejala tersebut. Dia juga menekankan soal pengkajian bulan kesadaran kanker payudara.

"Survey baru-baru ini dari 19.000 perempuan menunjukkan begitu rendahnya pengetahuan tentang kanker payudara," kata Corrine di akun Facebooknya.

"Hanya 2% yang tahu gejala kanker payudara bukan hanya benjolan, namun banyak lagi, 42% merasa tak yakin mereka dapat melihat ada perubahan yang menunjukkan kanker payudara," kata Corrine.

"Apa? Hanya 2% dari kita yang tahu gejalanya? Namun kita pakai baju, pita dan kaus kaki pink! Kita lari maraton! Kita membaca situs-situs terkait!" tambahnya.

Penjelasan lainnya soal tanggal 13 Oktober hari apa dan No Bra Day dapat dilihat di halaman berikutnya.