Pameran UMKM Pertamina SMEXPO Dimulai, Ada Kunto Aji-Endank Soekamti

ADVERTISEMENT

Pameran UMKM Pertamina SMEXPO Dimulai, Ada Kunto Aji-Endank Soekamti

Erika Dyah - detikNews
Selasa, 12 Okt 2021 10:40 WIB
Pertamina SMEXPO 2021
Foto: Pertamina
Jakarta -

Pameran virtual UMKM Pertamina SMEXPO 2021 mulai berlangsung hari ini. Diketahui, ajang pameran virtual ini bakal diluncurkan bersama Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia Kalimantan Timur (GBBI Kaltim).

Pjs. SVP Corporate Communication & Investor Relations PT Pertamina (Persero) Fajriyah Usman mengatakan berbagai persiapan telah dilaksanakan dan masyarakat pun dapat segera ambil bagian pada acara tersebut. Ia menambahkan masyarakat dan UMKM umum dapat berpartisipasi pada acara Pertamina SMEXPO 2021 setelah melakukan registrasi pada situs https://smexpo.pertamina.com.

"Registrasinya cukup cepat. Tidak sampai lima menit, masyarakat sudah bisa login dan bebas berbelanja," kata Fajriyah dalam keterangan tertulis, Selasa (12/10/2021).

Ia memaparkan ada dua pilihan registrasi bagi masyarakat, yakni sebagai penjual (UMKM) atau sebagai pembeli.

Untuk mendaftar sebagai penjual, terangnya, UMKM perlu memasukkan informasi terkait usaha yang dimiliki. Mulai dari nama pemilik dan usaha, alamat usaha, nomor ponsel, akun media sosial, jumlah tenaga kerja, omzet, sekilas tentang UMKM dan unggah foto produk. Tak lupa, pemilik UMKM juga perlu membuat kata sandi untuk keamanan akun.

Sementara itu, Fajriyah menilai registrasi untuk pembeli lebih sederhana. Cukup dengan mengisi nama, alamat email, nomor ponsel, dan kata sandi untuk keamanan akun. Kemudian, masyarakat tinggal mencentang pernyataan persetujuan dan terakhir klik 'Registrasi Pembeli'.

"Akan ada verifikasi ke email yang didaftarkan. Setelah diverifikasi, masyarakat bisa langsung login," imbuhnya.

Fajriyah menjelaskan, usai login masyarakat bisa langsung bertransaksi di booth virtual UMKM peserta PERTAMINA SMEXPO 2021 dan dapat memilih secara bebas. Setelah memilih produk yang diinginkan, pembeli akan diminta mengisi alamat pengiriman dan jenis ekspedisi yang tersedia.

"Selesaikan pembayaran dan tunggu barang sampai di rumah," tuturnya.

Ia pun mengungkap bahwa pengunjung dapat langsung melakukan pembelian besar melalui fitur Produk Grosir. Pada kategori ini, pengunjung dapat melakukan pembelian dengan harga lebih murah, dengan syarat dan ketentuan yang berlaku.

"Sembari belanja, tersedia beragam acara menarik tersedia dalam event, meliputi coaching session, business matching, SMEXPO Live Show. Serta menikmati berbagai acara menarik di Pertamina SMEXPO 2021 yang disemarakkan oleh artis-artis Indonesia seperti Kunto Aji, Endank Soekamti, Novia Bachmid," ungkapnya.

Fajriyah menambahkan keseruan pameran virtual ini tak hanya bisa dinikmati melalui situs smexpo.pertamina.com saja, akan tetapi juga bisa diakses melalui kanal YouTube Pertamina, BUMN, dan Gen UMKM. Tak cuma itu, ia mengatakan masyarakat bisa mengakses informasi terbaru via media sosial @pertamina dan @gen_umkm.

Sebagai informasi, Pertamina juga mengadakan SMEXPO Show Case 2021 yang dilakukan secara offline tanggal 15-17 Oktober 2021 di Mall Kota Kasablanka Jakarta.

Adapun Pertamina SMEXPO 2021 dihadirkan sebagai wujud konsistensi Pertamina dalam menggalakkan dan mendukung pertumbuhan ekonomi sesuai dengan pencapaian SDGs (Sustainable Development Goals) poin 8, yaitu meningkatkan pertumbuhan ekonomi yang inklusif dan berkelanjutan, kesempatan kerja yang produktif dan menyeluruh serta pekerjaan yang layak untuk semua, serta implementasi program-program berbasis ESG (Environmental, Social, and Governance) di seluruh wilayah operasionalnya.

(fhs/ega)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT