Kemendikbudristek: USU Koordinasi BNN untuk Bersihkan Kampus dari Narkoba

Isal Mawardi - detikNews
Selasa, 12 Okt 2021 08:58 WIB
Konferensi pers penangkapan 31 orang di Kampus FIB USU
Konfrensi pers soal penggerebekan FIB USU oleh BNN (Datuk Haris Molana/detikcom)
Medan -

Peredaran narkoba di lingkungan Universitas Sumatera Utara (USU) dibongkar Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) Sumatera Utara (Sumut). Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) menyebut USU memang menjalin koordinasi dengan BNN untuk membersihkan kampus dari narkoba.

"Dari laporan yang saya terima dari Rektor USU, pimpinan USU sedang menyiapkan PTM di USU dan berkoordinasi dengan BNN untuk membersihkan kampus dari narkoba," ujar Plt Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi (Dirjen Diktiristek), Nizam, kepada detikcom, Senin (10/11/2021).

Setelah berkoordinasi, BNN langsung bergerak mengusut ada-tidaknya peredaran narkoba di dalam kampus USU. Setelah mengumpulkan sejumlah informasi, penggerebekan pun dilakukan.

"Sabtu malam (9/10), setelah koordinasi antara BNN Sumut dan USU (Tim Aset). USU yang mengirimkan surat ke BNN untuk melakukan razia terlebih dahulu tanggal 30/9/2021. Setelah itu dilakukan razia di FIB USU oleh BNN terkait narkoba," kata Nizam.

"Dari razia itu data sementara, yang terjaring 42 orang, setelah tes urine 31 positif dan ditahan 19 orang mahasiswa USU dan alumni USU 12 orang," lanjutnya.

Hingga saat ini, USU masih terus berkoordinasi dengan BNN untuk tindakan kepada para mahasiswa tersebut. USU, terang Nizam, menjalin kerja sama untuk 'membersihkan' titik-titik yang diduga kuat ada peredaran narkoba.

"Saat ini USU terus bekerjasama dengan BNN secara rutin untuk membersihkan lokasi-lokasi di kampus yang selama ini diduga digunakan mahasiswa dan pihak luar. Koordinasi dengan BNN adalah upaya USU agar tidak memberikan ruang lagi bagi mahasiswa dan org luar menggunakan narkoba di dalam kampus," tutur Nizam.

"Kami mengimbau mahasiswa dan seluruh warga kampus untuk tidak sekali-kali mendekati narkoba. Gunakan waktu dan energi para mahasiswa untuk kegiatan-kegiatan yang positif dan sehat, bersungguh-sungguhlah membangun masa depan yang cerah gemilang," ungkap Nizam.

31 Orang Ditangkap

Diberitakan sebelumnya, BNNP Sumut mengungkap peredaran narkoba di kampus FIB USU sudah terjadi 4 bulan lalu. BNN menyebut ada ratusan paket ganja yang disita dari penggerebekan.

"Jadi memang sudah berjalan lebih-kurang, kalau interogasi kami, 4 bulan," kata Kepala BNNP Sumut Brigjen Toga Panjaitan di Medan, Senin (11/10/2021).

selengkapnya di halaman berikutnya