Tolak Siswi SMP di Maluku Dinikahkan, Guru dan Murid Demo Bupati-DPRD

Jabbar Ramdhani, Muslimin Abbas - detikNews
Senin, 11 Okt 2021 20:11 WIB
Wedding in the mountains Mangup in Crimea
Ilustrasi Pernikahan (Thinkstock)
Ambon -

Kasus pernikahan NK, siswi sekolah menengah pertama (SMP) di Buru Selatan, Maluku, menjadi sorotan. Pihak sekolah dan teman NK menolak pernikahan di bawah umur tersebut.

"Kami demo di kantor agama, bupati, dan DPRD. Selesai aksi, terus dipanggil untuk audiensi. Lalu mereka tanda tangan tuntutan. Mereka sepakati," kata Kepala Sekolah SMPN 01 Namrole, Noho Lesilawang, Senin (11/10/2021).

Dia mengatakan demo penolakan pernikahan anak itu inisiatif sekolah baik dari pihak guru, siswa, dan dia. Kepada pihak Pemkab Buru Selatan dan DPRD Buru Selatan, mereka menyampaikan 4 poin.

Inti dari keempat poin tersebut ialah menolak pernikahan anak di bawah umur. Mereka juga meminta agar pihak ASN yang terlibat dalam praktik perkawinan anak tersebut ditindak karena tidak sesuai dengan UU Perlindungan Anak, UU Sistem Pendidikan Nasional, hingga soal UU Disiplin Pegawai.

Akan Lapor Polisi

Noho mengatakan para guru dan siswa akan kembali turun ke jalan jika pihak Pemkab Buru Selatan dan DPRD Buru Selatan tidak menindaklanjuti kesepakatan yang telah dibuat. Mereka juga berencana membuat laporan ke polisi.

"Rencana seperti itu kalau dari instansi itu kurang tanggap, kami akan buat surat ke polisi," ujarnya.

Dia mengatakan surat kesepakatan dengan pihak Pemkab dan DPRD Buru Selatan baru berjalan seminggu. Dia mengatakan menunggu 2-3 minggu langkah konkret dari Pemkab dan DPRD Buru Selatan.

Dia mengatakan ingin meminta agar pihak yang terlibat dalam pernikahan anak di bawah umur tersebut diproses hukum. Sebab, perkawinan anak dilarang.

"Siswa ini kan putus pendidikannya. Tuntutan kami dari ortu dan pihak terlibat pernikahan anak, kalau benar hukum itu ada agar ditindak sesuai hukum," kata dia.

Lihat juga video 'Heboh Tukang Pijat di Pinrang Sulsel Nikahi Gadis 12 Tahun':

[Gambas:Video 20detik]



Simak berita selengkapnya di halaman selanjutnya.