Ortu Siswi SMA di Sulut yang Dilecehkan Guru Diminta Lapor Polisi

Trisno Mais - detikNews
Senin, 11 Okt 2021 17:27 WIB
ilustrasi
Ilustrasi Pencabulan (Edi Wahyono/detikcom)
Manado -

Aksi pelecehan seksual terjadi di Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) 1 Motoling, Kabupaten Minahasa Selatan (Minsel), Sulawesi Utara (Sulut). Orang tua (ortu) korban diminta melapor agar kasus tersebut dapat ditindaklanjuti.

"Sudah dihubungi orang tua korban untuk membuat laporan polisi di Polres Minsel," kata Kapolres Minsel AKBP S Norman Sitindaon, Senin (11/10/2021).

Dilihat detikcom, dalam unggahan foto, tampak pria dewasa berseragam cokelat seperti pakaian dinas guru sedang berdiri di dekat dua siswi yang duduk di kursi. Dari foto yang beredar, diduga peristiwa itu terjadi di dalam kelas.

Tangan si pria itu terlihat berada di area dada siswi yang sedang duduk sambil menulis itu. Dugaan pelecehan seksual itu dilakukan saat kegiatan belajar mengajar (KBM) berlangsung.

Norman mengatakan, setelah orang tua memberikan laporan resmi, pihaknya segera melakukan penyelidikan.

"Setelah itu, dilanjutkan langkah penyelidikan," cetusnya.

Norman mengatakan semua pihak yang tahu tentang peristiwa pelecehan itu bakal dimintai klarifikasi.

"Semua pihak yang mengetahui akan dimintakan klarifikasi," katanya.

Sebelumnya, dugaan pelecehan seksual seorang guru terhadap siswi viral di media sosial (medsos). Diduga aksi pencabulan itu terjadi di SMA Motoling, Minahasa Selatan, Sulut.

Terkait hal ini, Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik) Daerah Sulut, Grace Punuh, menyatakan akan memberikan sanksi tegas apabila perbuatan guru tersebut terbukti.

"Kalau seperti itu, nanti kita akan klarifikasi di Minahasa Selatan. Supaya cepat tidak lanjut. Karena kita (saya) punya prinsip sampai betul akan ada tindakan tegas," kata Grace, pagi ini.

Lihat juga video 'Ustaz yang Lecehkan Sejumlah Siswa SMP Dipecat sebagai Guru-Kepsek!':

[Gambas:Video 20detik]

(jbr/jbr)