Jelang Libur Natal-Tahun Baru, Pemerintah Bakal Kebut Vaksinasi Lansia

Matius Alfons - detikNews
Senin, 11 Okt 2021 15:34 WIB
Menko Kemaritiman dan Investasi (Marves) Luhut B Pandjaitan (YouTube Kemenko Marves)
Menko Kemaritiman dan Investasi (Marves) Luhut B Pandjaitan (YouTube Kemenko Marves)
Jakarta -

Pemerintah pusat bakal mempersiapkan sejumlah langkah untuk menghadapi Natal dan tahun baru yang akan terjadi pada Desember 2021. Menteri Koordinator Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan menjelaskan salah satu caranya dengan meningkatkan vaksinasi Corona kepada lansia agar mengurangi angka kematian dan perawatan jika terjadi lonjakan kasus.

"Perlu saya jelaskan kita semua sebentar lagi akan dihadapkan pada libur Natal dan tahun baru, di mana biasanya peningkatan kasus sering terjadi setelah adanya acara keagamaan dan libur panjang," kata Luhut dalam pemaparannya melalui YouTube Setpres, Senin (11/10/2021).

Luhut mengatakan Presiden Joko Widodo (Jokowi) berpesan agar segera dipersiapkan strategi menghadapi Natal dan tahun baru. Dia menyebut salah satu strateginya adalah mempercepat vaksinasi kepada lansia.

"Presiden dalam ratas ini berpesan agar segera ditentukan strategi menghadapi Natal dan tahun baru. Untuk antisipasi Natal dan tahun baru tingkat vaksinasi lansia perlu terus dikejar, terutama untuk wilayah aglomerasi dan pusat pusat pertumbuhan ekonomi," ucapnya.

"Sehingga jika terjadi gelombang berikutya, maka angka kematian dan perawatan di rumah sakit dapat ditekan," lanjutnya.

Lebih lanjut, Luhut menyebut Presiden Jokowi juga mewanti-wanti agar menjelang Natal dan tahun baru jangan sampai terjadi lepas kendali. Jokowi, kata Luhut, meminta agar kasus harian dipertahankan serendah mungkin secara konsisten.

"Dalam arahannya Presiden mengingatkan kepada kami para pembantunya agar jangan terjadi lepas kendali di tengah situasi seperti sekarang ini, pertahankan kasus serendah mungkin dalam waktu yang lama dan harus secara konsisten," jelasnya.

(maa/tor)