ADVERTISEMENT

Total 4 Atlet DKI di PON Papua Sudah Negatif COVID-19

Tiara Aliya Azzahra - detikNews
Senin, 11 Okt 2021 12:36 WIB
Anies Baswedan melepas Kontingen DKI Jakarta ke PON XX Papua
Kontingen DKI Jakarta untuk PON XX Papua. (Foto: dok. Pemprov DKI Jakarta)
Jakarta -

Kondisi kesehatan atlet kontingen DKI di PON Papua yang terpapar COVID-19 semakin membaik. Saat ini 4 dari lima atlet dinyatakan negatif COVID-19 dan dipulangkan ke Jakarta.

"Empat atlet sudah pulang ke Jakarta," kata Kabid Kesehatan Kontingen DKI dr Junaidi saat dikonfirmasi, Senin (11/10/2021).

Junaidi mengatakan satu atlet lainnya masih menunggu hasil tes PCR. Sehingga, saat ini masih menjalani isolasi mandiri.

"Tinggal 1 atlet yang nunggu hasil PCR hari ini," jelasnya.

Jika hasil PCR dinyatakan negatif COVID-19, atlet dijadwalkan pulang pada 13 Oktober mendatang.

"Kalau negatif bisa pulang ke Jakarta tanggal 13 Oktober," ucapnya.

Sementara itu, Ketua Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) DKI Jakarta, Djamhuron P Wibowo, mengatakan atlet yang sudah kembali ke Ibu Kota sudah negatif COVID berdasarkan hasil PCR. Dua menegaskan atlet DKI merupakan OTG Corona.

"Kemarin sudah negatif semua, sekarang sudah pulang. Itu bukan terpapar tapi OTG," katanya.

Sebelumnya, ada lima atlet DKI yang positif Corona di PON Papua. Kelimanya dinyatakan positif Corona saat hendak pulang ke Jakarta.

"Di Timika ada tiga orang, di Jayapura ada dua. Ada atlet sepatu roda dan softball yang di Jayapura. Yang di Timika itu atlet basket dan judo," kata Junaidi, Selasa (5/10).

Dinas Kesehatan (Dinkes) DKI Jakarta melakukan penelusuran kontak erat. Para atlet diduga terpapar varian baru Corona karena cycle threshold (CT) value tergolong rendah.

"Ini sedang koordinasi dengan KONI DKI jadi prinsipnya sama saja seperti kami menemukan kasus positif. Pasti kontak erat di-tracing, lalu dihubungi dan dipantau," kata Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinkes DKI Dwi Oktaviani kepada wartawan, Rabu (6/10/2021).

Saat ini, sejumlah atlet DKI dilaporkan telah pulang ke Jakarta. Untuk itu, Dinkes DKI memastikan akan membatasi interaksi para atlet yang sempat berkontak erat dengan atlet yang terpapar COVID-19.

(taa/idn)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT