PAN Juga Beri Kepastian soal Pilpres 2024, Koalisi dengan Gerindra?

Tim detikcom - detikNews
Minggu, 10 Okt 2021 16:29 WIB
Sejumlah tokoh hadiri perayaan HUT ke-23 PAN. Presiden Joko Widodo pun turut hadir secara virtual mengucapkan selamat ulang tahun untuk PAN.
PAN merayakan ulang tahun ke-23. (Agung Pambudhy/detikcom)
Jakarta -

Partai Amanat Nasional (PAN) juga memberikan kepastian perihal pergelaran Pilpres 2024. PAN mengaku memiliki ikatan emosional dengan Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto.

Lantas, kepastian apa yang disampaikan PAN soal Pilpres 2024? Pasti berkoalisi dengan Gerindra?

"Kalau soal dukungan politik, Gerindra tentu sudah memiliki proyeksi dan hitung-hitungan sendiri. Silakan dipilih siapa yang mencalonkan diri sendiri. Berapa jumlah kursi dan dukungan untuk memenuhi persyaratan? Semua itu tentu sudah dilakukan dan diperhitungkan sejak dini," kata Ketua DPP PAN Saleh Partaonan Daulay kepada wartawan, Minggu (10/10/2021).

Saleh mengungkapkan saat ini PAN fokus menyelesaikan 2 hal. Salah satunya perihal internal partai, yakni penyelenggaraan musyawarah daerah (musda), cabang (muscab), dan ranting (musran).

"Pertama, menyelesaikan musda, muscab, dan musran di seluruh Indonesia. Ini sudah berjalan, dan dalam beberapa bulan ke depan akan selesai. Kedua, PAN sedang berupaya keras untuk membantu penanganan COVID-19 di Indonesia," papar Saleh.

"Karena itu, partai dan Ketua Umum sudah menggariskan untuk membantu pemerintah dalam memerangi COVID-19 dan memutus mata rantai penyebarannya," imbuhnya.

Saleh pun mengakui bahwa PAN memiliki ikatan tersendiri dengan Prabowo dan Gerindra. Di tingkat nasional, kedua belah pihak diketahui 2 kali membangun koalisi, di Pilpres 2014 dan 2019.

"PAN tentu juga memiliki ikatan emosional dengan Prabowo dan Gerindra. Sudah beberapa kali pemilu selalu bersama. Tidak hanya di pusat, tetapi di daerah," ucap Ketua Fraksi PAN DPR itu.

Baca kepastian PAN soal Pilpres 2024 di halaman berikutnya.

Simak juga Video: Survei SMRC: Kejutan Elektabilitas Parpol, Rizieq di Atas Puan

[Gambas:Video 20detik]