Pesepeda dan Mobil Pelat Ganjil Diputar Balik di Gage Sudirman Pagi Ini

Firda Cynthia - detikNews
Minggu, 10 Okt 2021 10:47 WIB
Pesepeda dan Mobil Pelat Ganjil Diputar Balik di Gage Sudirman Pagi Ini (Foto: Firda/detikcom)
Pesepeda dan Mobil Pelat Ganjil Diputar Balik di Gage Sudirman Pagi Ini (Firda/detikcom)
Jakarta -

Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya masih memberlakukan kebijakan ganjil-genap (gage) di sejumlah titik di DKI Jakarta, salah satunya Jalan Jenderal Sudirman, Jakarta. Pagi ini, masih banyak mobil pelat ganjil dan sepeda yang diputar balik petugas.

Pantauan detikcom, Minggu (10/10) pukul 07.30 WIB, sudah banyak pesepeda yang melintas berdampingan dengan motor dan mobil di Jalan Jenderal Sudirman. Tampak pesepeda melintas di dalam maupun di luar jalur sepeda.

Pukul 08.00 WIB, sejumlah petugas gabungan dari kepolisian, Satpol PP, dan Dishub terlihat berjaga di kawasan Bundaran Senayan. Mereka memantau dan memutarbalikkan pesepeda yang hendak melintas ke arah Jalan Jenderal Sudirman.

"Pesepeda balik, balik," kata salah satu petugas seraya mengayunkan tangannya, mengarahkan rombongan pesepeda ke arah Jl Hang Lekir.

"Nggak bisa lewat ke sana (Jalan Jl Sudirman), Pak?" tanya pesepeda.

"Nggak bisa, masih PPKM, ya," jawab petugas.

Tak hanya sepeda, mobil berpelat ganjil yang nekat hendak menerobos kawasan ganjil-genap pun diberhentikan petugas. Mereka langsung ditindak.

"Kita ada peraturan ganjil-genap. Silakan lihat (informasi pemberlakuan gage) di handphone, TV, segala macam. Kita penindakan. Silakan putar balik," ujar polisi menindak pengemudi yang melewati batas titik gage.

"Ya, Pak."

"Putar balik sana."

Pesepeda dan Mobil Pelat Ganjil Diputar Balik di Gage Sudirman Pagi Ini (Foto: Firda/detikcom)Pesepeda dan Mobil Pelat Ganjil Diputar Balik di Gage Sudirman Pagi Ini (Firda/detikcom)

Saat ditanya, pengemudi itu mengaku belum tahu-menahu soal penerapan gage di titik Jl Jenderal Sudirman pada akhir pekan.

"Belum tahu," katanya.

Mobil-mobil pelat ganjil yang datang dari Jl Pattimura arah Blok M dan Jl Sisingamangaraja arah Pakubuwono pun dialihkan. Mereka tidak ditilang, melainkan langsung diputar balik.

Penindakan oleh kepolisian yang berjaga di gage Jl Jenderal Sudirman itu masih serupa dengan penerapan pada Sabtu (2/10) lalu. Saat itu, pemobil yang melanggar gage pun langsung diputar balik tanpa ditilang.

Diberitakan sebelumnya, aturan gage diberlakukan oleh Polda Metro Jaya selama penerapan PPKM di wilayah DKI Jakarta. Gage diberlakukan di sejumlah titik pada pukul 06.00-20.00 WIB.

"Selama masa PPKM Level 3 berlangsung, kebijakan pembatasan kendaraan R4 dengan sistem GAGE di ruas Jl. Sudirman, Thamrin, dan Rasuna Said tetap diberlakukan mulai dari pukul 06.00 sampai 20.00 WIB baik hari Sabtu, Minggu maupun hari libur," dikutip dari cuitan akun Twitter resmi Sat Lantas Polda Metro Jaya (@TMCPoldaMetro).

Tonton juga Video: Gage di Perbatasan Subang, Ratusan Kendaraan Putar Balik

[Gambas:Video 20detik]



(mae/mae)