ADVERTISEMENT

Ketua Komisi III Desak Polisi Transparan Usut 'Ayah Perkosa 3 Anak'

Annisa Rizky Fadhila - detikNews
Sabtu, 09 Okt 2021 14:09 WIB
Ketua Komisi III DPR RI, Herman Hery.
Ketua Komisi III DPR RI Herman Hery (Foto: dok. Istimewa)
Jakarta -

Ketua Komisi III DPR RI Herman Hery mendesak kepolisian transparan mengusut kasus dugaan 'ayah perkosa 3 anak' di Luwu Timur, Sulawesi Selatan. Selain untuk memulihkan kepercayaan publik terhadap lembaga kepolisian, hal ini juga untuk memberikan keadilan terhadap seluruh pihak.

"Saya berharap Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo memerintahkan jajarannya membuka kembali kasus dugaan pemerkosaan anak di Luwu Timur ini jika ditemukan bukti baru. Lakukan penyelidikan menyeluruh sesuai prosedur yang benar dan ungkap kasus ini dengan sebenar-benarnya," ujar Herman kepada wartawan, Sabtu (9/10/2021).

Dia menilai kekerasan seksual terhadap anak harus menjadi perhatian seluruh pihak. Sebab, tindakan ini jadi salah satu perilaku kejahatan serius.

Aparat penegak hukum juga diminta harus memastikan ruang pelaku kejahatan tak lagi berkeliaran. Pelaku kejahatan pun diharapkan tidak mendapat ruang dalam bermasyarakat.

"Aparat penegak hukum harus memastikan tidak ada ruang sekecil apa pun bagi mereka yang melakukan kejahatan keji seperti ini, terlebih berpikir bisa lolos dari jerat hukum setelah melakukannya," ucap politikus PDI Perjuangan.

Di sisi lain, Herman meminta petugas Kepolisian menyelesaikan kasus dugaan pemerkosaan anak di Luwu Timur secara profesional.

"Kasus kekerasan seksual, khususnya terhadap anak, harus diselesaikan sesuai dengan kaidah yang berlaku. Pastikan pelakunya mendapat hukuman, namun di saat yang sama juga lindungi identitas korban serta anak dan utamakan kepentingan terbaik mereka," kata Herman.

"Aparat kepolisian harus bisa memberikan keadilan yang seadil-adilnya kepada semua pihak. Dengan cara demikian, barulah rasa keadilan di masyarakat bisa dipulihkan, termasuk kepercayaan publik terhadap lembaga kepolisian," katanya.

Simak video 'Polri Persilakan Keluarga Korban Kasus '3 Anak Saya Diperkosa' Bantu Cari Bukti':

[Gambas:Video 20detik]





ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT