Miris, SD Negeri di Padangsidimpuan Rusak Parah-Atapnya Tak Ada

Ahmad Arfah Fansuri Lubis - detikNews
Sabtu, 09 Okt 2021 09:08 WIB
Sekolah rusak di Padangsidimpuan
Sekolah rusak di Padangsidimpuan (dok. Istimewa)
Padangsidimpuan -

Sejumlah foto menunjukkan bangunan sekolah rusak parah di Padangsidimpuan, Sumatera Utara (Sumut), viral di media sosial. Ombudsman Sumut mengatakan Pemko Padangsidimpuan telah berjanji memperbaiki sekolah itu.

Dilihat detikcom, Sabtu (9/10/2021), tampak sejumlah murid sedang belajar di dalam kelas. Ada juga seorang guru yang sedang memberikan pelajaran di depan.

Ruangan itu terlihat tak memiliki atap. Pintu dan jendelanya juga tak ada.

Tripleks di langit-langit ruang kelas terlihat hancur. Kayu penyangga langit-langit ruang kelas juga terlihat sudah rusak.

Foto lainnya menunjukkan bagian luar gedung sekolah. Tampak sekolah ini tak memiliki atap sama sekali.

Sekolah rusak di PadangsidimpuanSekolah rusak di Padangsidimpuan(dok. Istimewa)

Pengunggah menyebut sekolah yang rusak ini adalah Sekolah Dasar (SD) Negeri 200218 Padangsidimpuan. Sekolah ini terletak di Kelurahan Ujung Padang, Kecamatan Padangsidimpuan Selatan, Padangsidimpuan.

"Para siswa terpaksa belajar beratapkan langit," tulis pengunggah foto.

Kepala Ombudsman Sumut Abyadi Siregar mengatakan pihaknya sudah berkomunikasi dengan Wakil Wali Kota Padangsidimpuan terkait hal ini. Wakil Wali Kota, kata Abyadi, berjanji segera memperbaiki sekolah ini.

"Perasaan saya sedikit lega. Karena tadi malam Wakil Wali Kota menginformasikan lewat WhatApps bahwa Wali Kota sudah memerintahkan Kepala Dinas Pendidikan untuk menanganinya," kata Abyadi kepada wartawan.

Abyadi mengatakan kondisi sekolah itu sangat memprihatinkan. Dia menyebut anak-anak itu akan terganggu belajarnya jika hujan turun.

"Kasihan anak-anak selama ini belajar beratapkan langit. Bila matahari bersinar terik, anak-anak kepanasan dalam belajar dan bila hujan, harus berhenti belajar," tuturnya.

Abyadi meminta perbaikan sekolah ini segera dikerjakan. Dia mengatakan pihaknya akan memonitor pembangunan sekolah ini.

"Ombudsman RI Perwakilan Sumut akan memonitor apakah dikerjakan atau tidak. Semoga bisa segera disiapkan," jelasnya.

Simak juga 'Lagi Direnovasi, Atap Bangunan Sekolah di Cianjur Ambruk!':

[Gambas:Video 20detik]



(haf/haf)