KemenPPPA Kecam Dukun Beranak di Manado yang Jual Bayi Rp 50 Ribu

Farih Maulana Sidik - detikNews
Sabtu, 09 Okt 2021 06:38 WIB
Deputi Bidang Perlindungan Anak Kemen PPPA, Nahar (Foto: Rahel/detikcom)
Deputi Bidang Perlindungan Anak Kemen PPPA, Nahar (Foto: Rahel Narda/detikcom)
Jakarta -

Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (KemenPPPA) angkat bicara perihal kasus dukun beranak di Manado, Sulawesi Utara (Sulut), yang menjual bayi seharga Rp 50 ribu hingga Rp 1 juta. KemenPPPA mengecam aksi dukun beranak tersebut.

"Kami mengecam praktik ini dan agar pihak kepolisian dapat terus mendalami kasus ini dan menindaklanjuti sesuai dengan UU Perlindungan Anak," kata Deputi Bidang Perlindungan Khusus Anak KemenPPPA, Nahar, kepada wartawan, Jumat (8/10/2021).

Nahar mengatakan kasus ini telah ditangani juga oleh UPTD PPA Provinsi Sulut. Menurutnya, ibu yang menjadi korban telah mendapat pendampingan tim UPTD PPA Provinsi Sulut.

"Tim UPTD PPA mendampingi korban Ibu dan nginap di shalter hampir sebulan sambil Polda melakukan lidik sampai bayi ditemukan," ucapnya.

"Kami berharap anak-anak kita tidak menjadi korban perdagangan anak melalui praktek adopsi ilegal," tambahnya.

Praktik Perdagangan Bayi Terbongkar

Kasus ini terungkap setelah personel Ditreskrimum Polda Sulut mendapat informasi dari masyarakat di sebuah rumah kos tersangka telah terjadi dugaan tindak pidana perdagangan bayi. Polisi menangkap wanita berinisial FM.

Tersangka merupakan warga Kelurahan Wanea yang berprofesi sebagai dukun beranak. Pelaku sudah sejak 2020 melakukan praktik jual-beli bayi.

"Bayi dijual tersangka dengan alasan korban tidak mampu membayar biaya persalinan. Setelah menjual bayi, tersangka memberikan uang sebesar Rp 1 juta kepada korban. Kejadian tersebut merupakan yang kedua kalinya. Pasalnya, anak pertama M (ibu dari anak yang dibeli pelaku) juga dijual tersangka kepada orang lain. Pada kejadian pertama tersebut tersangka memberikan uang Rp 50 ribu kepada M," kata Kabid Humas Polda Sulut Kombes Pol Jules Abraham Abast, Kamis (7/10).

Jules menambahkan, dari hasil penelusuran, sudah ada tiga bayi yang berhasil dijual. Meski begitu, semua bayi telah ditemukan polisi.

Simak video 'Dukun Beranak di Manado Jual Bayi Pasien Jika Tak Bayar Biaya Persalinan':

[Gambas:Video 20detik]



Simak motif dukun beranak jual bayi di halaman selanjutnya: