Tema Hari Kesehatan Jiwa Sedunia 2021, Logo dan Maknanya

Arinta Putri Anggraini - detikNews
Sabtu, 09 Okt 2021 14:43 WIB
Tema Hari Kesehatan Jiwa Sedunia 2021, Logo dan Maknanya
Tema Hari Kesehatan Jiwa Sedunia 2021, Logo dan Maknanya (Foto: Promkes Kemenkes)
Jakarta -

Tema Hari Kesehatan Jiwa Sedunia 2021 kini sudah ditetapkan oleh Kementerian Kesehatan. Hari Kesehatan Jiwa Sedunia (HKJS) diperingati setiap tahunnya pada tanggal 10 Oktober.

Kemenkes sudah mengeluarkan Buku Panduan tentang Hari Kesehatan Jiwa Sedunia 2021. Di dalam buku panduan tersebut dijelaskan juga tujuannya memperingati HKJS ini untuk meningkatkan kepedulian dan kesadaran masyarakat tentang pentingnya kesehatan jiwa. Apalagi di masa seperti sekarang ini, pandemi COVID-19 memberikan dampak besar bagi kesehatan jiwa masyarakat Indonesia dan dunia.

Lantas, apa tema Hari Kesehatan Jiwa Sedunia tahun ini? Bagaimana bentuk logo dan makna dari Hari Kesehatan Jiwa Sedunia 2021? Untuk mengetahui selengkapnya, simak ulasan berikut ini.

Tema Hari Kesehatan Jiwa Sedunia 2021: Mental Health in An Unequal World

Dikutip dari buku panduan Hari Kesehatan Jiwa Sedunia 2021, tema peringatan tahun ini ialah 'Mental Health in An Unequal World' atau 'Kesetaraan Dalam Kesehatan Jiwa Untuk Semua'. Tema ini dipilih karena masalah kesehatan jiwa merupakan masalah yang universal, yakni banyak dialami oleh seluruh lapisan masyarakat.

Terlebih lagi di masa pandemi COVID-19 ini, sebuah data menunjukkan bahwa kasus depresi dan ansietas selama pandemi meningkat. Diketahui lebih dari 60% orang mengalami gejala depresi, lebih dari 40% mengalami disertai ide bunuh diri. Diperkirakan sekitar 32,6 - 45% penduduk yang terkena COVID-19 mengalami gangguan depresi, sedangkan 10,5 - 26,8% penyintas COVID-19 mengalami gangguan depresi.

Selama pandemi lebih dari 60% orang mengalami gejala ansietas dan lebih dari 70% orang mengalami gangguan stres pasca trauma. Lebih lanjut, bahkan ketika positif COVID-19 sekitar 35,7 - 47% orang mengalami gangguan ansietas serta 12,2% mengalami gangguan stres pasca trauma. Sementara itu, bagi penyintas COVID-19 sekitar 12,3 - 29,6% terkena gangguan ansietas, 25,1% 0 32,2% mengalami gangguan stres pasca trauma dan insomnia sebanyak 12,1%. Kemudian, seluruh penyintas COVID-19 diketahui mengalami gangguan tidur.

Tema Hari Kesehatan Jiwa Sedunia 2021: Ini Bentuk dan Makna Logo

Berikut ini bentuk logo dan maknanya yang dikutip dari buku panduan Hari Kesehatan Jiwa Sedunia 2021.

Logo Hari Kesehatan Jiwa Sedunia 2021 KemenkesLogo Hari Kesehatan Jiwa Sedunia 2021 Kemenkes Foto: Promkes Kemenkes

Arti Logo dan Warna:

  1. 10 orang dengan bola dunia menggambarkan tanggal 10 Oktober hari kesehatan jiwa
  2. 10 orang berwarna hijau saling bergandengan tangan menunjukkan keseimbangan emosi, kesejukan ketenangan yang harmonis dalam kebersamaan, menguatkan kesehatan jiwa, saling berkaitan satu sama lain dan terintegrasi melindungi alam kehidupan Indonesia dalam bola dunia berwarna putih bersih dengan laut berwarna biru tua , biru dan biru muda yang menunjukkan ketenangan, kestabilan, bijaksana, spiritualitas, rasa tenang, teguh dan kokoh, pendirian yang tetap, dan damai .

Demikian informasi mengenai Tema Hari Kesehatan Jiwa Sedunia 2021, mulai dari tema tahun ini hingga bentuk dan makna logonya. Semoga membantu dan bermanfaat.

Simak juga 'Kenali Gejala Gangguan Cemas yang Paling Dominan Gegara Corona':

[Gambas:Video 20detik]



(izt/imk)