Tol Pekanbaru-Bangkinang Sudah 75%, Ada Kendala Pembebasan Lahan 1 Km

Raja Adil Siregar - detikNews
Jumat, 08 Okt 2021 15:26 WIB
Tol Pekanbaru-Bangkinang
Foto: Tol Pekanbaru-Bangkinang : Dok. PT Hutama Karya (Persero)
Pekanbaru -

Kepala Biro Pembangunan Setdaprov Riau, Aryadi, mengatakan saat ini pihaknya masih terus mengerjakan pembangunan jalan Tol Kota Pekanbaru-Bangkinang. Aryadi mengatakan saat ini pembangunan tol sudah 75 persen.

"Untuk progress konstruksi sekarang 75%, dan saat ini masih terus dikerjakan untuk mencapai target akhir tahun beroperasi," terang Aryadi kepada wartawan, Jumat (8/10/2021).

Aryadi mengatakan pengerjaan tol itu baru 75 persen karena ada masalah pembebasan lahan. Dia mengatakan Provinsi Riau menargetkan tol ini bakal beroperasi akhir tahun ini.

"Pembebasan lahan tinggal sekitar 1 Km lagi. Lokasinya di dekat pintu tol daerah Rimbo Panjang, lahan ini masuk di dalam kawasan hutan," katanya.

Untuk pembebasan lahan, pihaknya mengaku sudah berkoordinasi dengan Kementerian PUPR. Selanjutnya akan sampaikan ke Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) agar cepat bebas dan terus digesa.

"Sekarang tinggal pihak Kementerian PUPR dan KLHK berkoordinasi soal pembebasan lahan," jelasnya.

Diketahui Tol Pekanbaru-Bangkinang yang merupakan bagian proyek Tol Pekanbaru-Padang. Tol panjang 40 Km itu dikerjakan PT Hutama Karya (Persero).

Tol ditargetkan selesai akhir tahun 2021. Setelah selesai, jalan bebas hambatan itu ditarget bisa beroperasi dan dimanfaatkan masyarakat.

(ras/zap)