PKB Beberkan Terobosan Jokowi yang Bikin Dipuji Profesor Singapura

Eva Safitri - detikNews
Kamis, 07 Okt 2021 16:50 WIB
Daniel Johan
Daniel Johan (Nur Azizah/detikcom)
Jakarta -

Seorang profesor sekaligus peneliti institut di National University of Singapore, Kishore Mahbubani, memuji Jokowi sebagai sosok pemimpin yang jenius. Ketua DPP PKB Daniel Johan menilai pujian itu layak didapat Jokowi.

"Pujian yang layak untuk Presiden Jokowi, kita bangga punya presiden diapresiasi dari masyarakat luar, apalagi dari seorang profesor peneliti, peneliti biasanya berbicara berdasarkan data dan apa yang dilihat. Itu hal yang positif buat Indonesia," kata Daniel kepada wartawan, Kamis (7/10/2021).

Daniel menilai, sejak periode pertama, Jokowi memberikan dampak positif. Terutama dari cara pandangnya dalam seluruh kebijakan dalam segala aspek di Indonesia.

"Kalau mau jujur, sejak terpilih di periode pertama, Presiden membawa aura baru bagi rakyat Indonesia. Gebrakan-gebrakannya cukup membawa dampak positif terhadap cara pandang negara lain terhadap Indonesia. Mulai dari membenahi pelayanan publik, proses perizinan yang panjang dibuat menjadi lebih sederhana," ujarnya.

"Kemudian membangun daerah-daerah pinggir yang selama ini kurang mendapat perhatian seperti membangun daerah perbatasan, jalan Trans Papua dibangun. Ada banyak terobosan yang sudah dilakukan Presiden sepanjang kepemimpinannya. Kemudian selama pandemi COVID-19, ekonomi Indonesia termasuk yang baik di tengah-tengah kemerosotan yang tajam di negara-negara lainnya," lanjut Daniel.

Selain itu, kata Daniel, sikap kesederhanaan yang dimiliki membuat Jokowi berbeda dari pemimpin lainnya. Menurutnya, Jokowi mampu mendekatkan diri di masyarakat.

"Selain itu, kesederhanaan dan kedekatan dengan masyarakat membuat Pak Jokowi dicintai rakyatnya, sangat jarang pemimpin yang begitu dekat dengan masyarakatnya dan sangat responsif terhadap persoalan masyarakat kecil," katanya.

Meski begitu, semua yang dikerjakan Jokowi tak lepas dari peran para pembantunya di kabinet. Daniel mengatakan ada peran serta masyarakat dan seluruh elemen bangsa dalam mencapai keberhasilan.

"Ada banyak hal yang sudah dikerjakan Jokowi selama ini, walaupun masih terdapat kekurangan di sana-sini, itu adalah hal yang wajar karena memang banyak hal yang harus diperbaiki di negeri ini terutama terkait dengan pembangunan dan kesejahteraan masyarakat. Dan tidak mungkin Pak Jokowi menyelesaikan sendiri masalah bangsa ini, namun perlu peran seluruh anak bangsa," kata Daniel.

Tonton juga video tentang sukses berbisnis makanan dan minuman kekinian di bawah ini:

[Gambas:Video 20detik]