Penyebab Mati Lampu Hari Ini di Jakarta dan Kondisi Terbarunya

Annisa Rizky Fadhila - detikNews
Kamis, 07 Okt 2021 13:11 WIB
Jakarta -

Penyebab mati lampu hari ini berasal dari kebakaran di wilayah Jakarta Barat. Kebakaran terjadi pagi tadi sekitar pukul 07.20 WIB di Jalan Gili Sempeng RT 15/5, Kebon Jeruk, Jakarta Barat.

Mati lampu hari ini sebelumnya diinformasikan melalui akun twitter @humasjaklife. Dalam keterangannya, padamnya listrik disebabkan oleh kebakaran gardu PLN. Petugas PLN pun masih menyelidiki kasus ini guna mencari tahu penyebab mati lampu hari ini.

detikcom sudah merangkum kondisi terbaru penyebab mati lampu hari ini. Mari simak uraian berikut.

Penyebab Mati Lampu Hari Ini: Akibat Listrik Korsleting

Komando Insiden Damkar Jakarta Barat Sukiman menyebutkan, penyebab mati lampu hari ini diduga akibat korsleting. Setelah diselidiki, terdapat satu unit gardu yang terbakar, sehingga gardu tersebut mengalirkan listrik untuk wilayah Kebon Jeruk, Jakarta Barat dan menjadi penyebab mati lampu hari ini.

"Penyebab sementara dari hubungan pendek arus gardu listrik. Mungkin dari panas yang berlebihan kemungkinan ada juga ke sana (berpengaruh ke sinyal). Kalau ini gardu besar, bisa jadi berdampak ke yang lain," kata Sukiman kepada wartawan, Kamis (7/10/2021).

Penyebab Mati Lampu Hari Ini: Pemadam Kebakaran Kirim 14 Unit Mobil

Penyebab mati lampu hari ini sudah diketahui, yakni karena adanya korslet listrik. Informasi selanjutnya mari simak terkait upaya pemadam kebakaran yang meredamkan api.

Dilansir dari akun Twitter @humasjaklife, pemadam kebakaran yang datang ke lokasi kurang lebih ada 40 orang dan menggunakan 14 unit mobil. Karena penyebab mati lampu hari ini gegara korslet listrik, api sempat sulit dipadamkan. Pemadam kebakaran pun baru berhasil menghentikan api sekitar pukul 09.00 WIB.

Penyebab Mati Lampu Hari Ini: PLN Lakukan Investigasi

Tak hanya pemadam kebakaran, PLN turut datang ke lokasi guna menyelidiki penyebab mati lampu hari ini. General Manager PLN UID Jakarta Raya Doddy B Pangaribuan menyebutkan, gardu PLN yang terbakar dapat dipulihkan dalam waktu 3 jam ke depan.

"Semoga seluruhnya dapat dipulihkan dalam 3 jam ke depan," kata General Manager PLN UID Jakarta Raya Doddy B Pangaribuan melalui keterangan tertulis, Kamis (7/10/2021).

Doddy juga menegaskan gardu PLN yang lain tidak terganggu. Dengan demikian, hanya gardu PLN Kebon Jeruk saja yang korslet dan menjadi penyebab mati lampu hari ini.

"Tidak ada gardu induk lain yang terganggu," tegasnya.

Berkat insiden tersebut, pihak PLN meminta maaf dan menyelidiki kasus ini. Setidaknya, ada tiga hal yang sudah dilakukan PLN terkait penyebab mati lampu hari ini.

Pertama, PLN melakukan pemadaman, kedua PLN melakukan pengamanan yang tidak terdampak langsung, serta yang ketiga PLN melakukan pemulihan pasokan listrik bagi pelanggan yang terdampak. Hal ini dilakukan PLN sejalan dengan imbas gardu yang menyebabkan mati lampu Jakarta Barat.

Penyebab Mati Lampu Hari Ini: Lalu Lintas Sempat Tersendat

Akibat listrik yang korslet, pagi tadi lalu lintas sempat tersendat. Akun @humasjaklife menerima info lalu lintas Batusari arah Tugu Kemanggisan macet total. Oleh sebabnya, kemacetan yang dipicu penyebab mati lampu hari ini, membuat pengendara memilih jalur alternatif di jalan samping SMA 78, Jakarta Barat.

Demikian kondisi terbaru terkait penyebab mati lampu hari ini. Tetap waspada dan berhati-hati di manapun berada.

(izt/imk)