KAI Gelar Sharing Session hingga Virtual Expo Terbuka untuk Umum

Angga Laraspati - detikNews
Rabu, 06 Okt 2021 19:20 WIB
KAI Culture Fest
Foto: KAI
Jakarta -

PT Kereta Api Indonesia menyelenggarakan KAI Culture Fest 2021 pada 6-7 Oktober 2021 yang dilakukan secara virtual dan terbuka untuk umum. Ini merupakan perayaan terkait budaya perusahaan KAI yang berisi pemaparan program budaya perusahaan dan awarding, sharing session, promotion booth, games and quiz, dan live music.

"KAI Culture Fest 2021 kami adakan sebagai apresiasi terhadap insan KAI yang konsisten menerapkan nilai-nilai perusahaan yaitu AKHLAK (Amanah, Kompeten, Harmonis, Loyal, Adaptif, Kolaboratif) sebagai pedoman dalam bekerja dan melakukan kontribusi untuk Indonesia tercinta," kata Direktur Utama KAI Didiek Hartantyo dalam keterangan tertulis, Rabu (6/10/2021).

Digelar dengan tema 'Melayani Lebih Cepat dan Lebih Baik', KAI Culture Fest 2021 menampilkan pemaparan Culture Action Plan atau rencana kerja budaya. Culture Action Plan akan menjadi panduan program bagi area kerja dalam melakukan internalisasi Budaya Perusahaan. Penyusunan Culture Action Plan tersebut menyesuaikan dengan hasil pengukuran AKHLAK Culture Health Index di masing-masing area kerja.

Terdapat 7 finalis dari 27 peserta yang akan memaparkan Culture Action Plan di hadapan para juri dari internal maupun eksternal perusahaan. Ketujuh finalis tersebut terdiri dari Daop 1 Jakarta, Daop 2 Bandung, Daop 3 Cirebon, Divre IV Tanjungkarang, Balai Yasa Yogyakarta, KAI Commuter, dan KAI Bandara.

"Ajang Culture Action Plan bertujuan untuk menumbuhkan kebanggaan, sikap keteladanan, semangat juang, motivasi untuk berkarya, memberikan kontribusi positif bagi KAI, serta meningkatkan darma bakti pada bangsa dan negara," tutur Didiek.

Terdapat juga sharing session selama 2 hari, pada 6 Oktober 2021 menghadirkan Motivator ACT Consulting Ary Ginanjar, Ketua Forum Human Capital Indonesia Alexandra Askandar, dan Direktur Digital Business Telkom Fajrin Rasyid. Lalu pada 7 Oktober 2021 akan menghadirkan Komisaris KAI Riza Primadi dan Direktur SDM dan Umum KAI Agung Yunanto.

"Para pembicara merupakan sosok-sosok yang kompeten di bidang transformasi human capital, khususnya dalam penyiapan SDM untuk menghadapi era perkembangan digitalisasi. Para pembicara tersebut juga merupakan tokoh-tokoh inspirasional bagi proses transformasi budaya AKHLAK yang terjadi di lingkungan BUMN," ungkap Didiek.

KAI Culture Fest 2021 juga mengadakan Virtual Expo yang menampilkan booth promosi dari 6 Anak Perusahaan KAI, Angkutan Penumpang, Angkutan Barang, Komersialisasi Aset, LRT Jabodebek, dan Human Capital transformation.

Booth-booth tersebut menampilkan produk, informasi terbaru terkait masing-masing bisnis KAI, serta berbagai games dan quiz dengan hadiah menarik yang dapat diikuti oleh pengunjung. Terdapat pula penampilan dari Music on Train dan Juicy Luicy.

Didiek juga mengatakan KAI terus melakukan internalisasi budaya perusahaan dengan harapan nilai-nilai AKHLAK dapat ditanamkan dalam hati dan diimplementasikan dengan baik. Sehingga, AKHLAK berhasil menjadi budaya sehari-hari insan KAI dalam rangka melakukan bisnis yang lebih baik.

"KAI Group akan lebih antusias lagi dalam menerapkan AKHLAK sebagai jalan untuk mewujudkan visi KAI yaitu menjadi solusi ekosistem transportasi terbaik untuk Indonesia," imbuh Didiek.

Sementara itu, Deputi Bidang Sumber Daya Manusia, Teknologi, dan Informasi Kementerian BUMN Tedi Bharata mengapresiasi terselenggaranya kegiatan KAI Culture Fest 2021. Ia menilai, perlu adanya internalisasi AKHLAK di tiap-tiap BUMN dalam rangka mencapai target-target perusahaan.

"Tentunya, harus terus dilakukan berbagai macam program dan kegiatan untuk benar-benar dapat menginternalisasi, sehingga apa yang dilakukan insan-insan KAI dapat mencerminkan core value AKHLAK yang telah kita sepakati bersama," tutur Tedi Bharata.

Lihat juga video 'Prancis Kembangkan Kereta Super Cepat Ramah Lingkungan':

[Gambas:Video 20detik]



(ncm/ega)