Analisis Rocky Gerung soal Ketakutan terhadap Hantu Komunisme di Indonesia

Tim detikcom - detikNews
Rabu, 06 Okt 2021 18:42 WIB
Rocky Gerung akhirnya memenuhi panggilan jaksa untuk menjadi saksi di sidang lanjutan Ratna Sarumpaet.
Rocky Gerung (Lamhot Aritonang/detikcom)
Jakarta -

Rocky Gerung memberikan pandangannya terkait isu komunisme yang kerap menjadi pembicaraan oleh masyarakat Indonesia. Rocky mengatakan sebetulnya ideologi komunisme tak bakal bangkit lagi, namun masyarakat Indonesia masih curiga terhadap komunisme.

Awalnya Rocky Gerung ditanya oleh moderator acara diskusi webinar terkait masa lalu hingga ancaman ke depannya terkait isu komunisme terhadap Indonesia. Rocky menyebut secara ideologi sebetulnya komunisme sudah selesai dalam sejarah.

"Kalau kita bertanya, apakah komunisme itu ideologi atau visi? Mana yang lebih lama bertahan? Konflik visi atau konflik ideologi? Konflik ideologi bisa selesai dalam sejarah, tapi konflik visi itu menetap. Tentu formal ideologinya (komunisme) selesai karena demokrasi gelombang ketiga berlaku di mana-mana. Tetapi ada visi yang menetap, yaitu violent, sifat violent dari komunisme, jadi visi itu tertinggal di dalam DNA atau memori kolektif kita," kata Rocky Gerung dalam diskusi, seperti disiarkan YouTube Gelora TV, Rabu (6/10/2021).

Rocky menyebut ideologi komunisme sudah kehilangan patronnya atau pendukungnya di dunia. Namun, menurutnya, fakta membuktikan masyarakat Indonesia masih takut terhadap kebangkitan komunisme, karena adanya kecurigaan terhadap visi komunisme.

"Komunisme itu kehilangan patron di dalam proyek dunia, tapi kita masih takut. Berarti ada visi di komunisme yang buat kita curiga terus," ucapnya.

Simak juga video 'Penjelasan Haris Azhar Soal Legalitas Tanah Rocky Gerung':

[Gambas:Video 20detik]



Simak selengkapnya di halaman berikutnya.