Bareskrim Pelajari Laporan Dugaan Rasisme Natalius Pigai ke Jokowi-Ganjar

Adhyasta Dirgantara - detikNews
Rabu, 06 Okt 2021 15:35 WIB
Jakarta -

Eks Komisioner Komnas HAM Natalius Pigai dilaporkan ke Bareskrim Polri karena cuitannya yang dinilai rasis kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Gubernur Jawa Tengah (Jateng) Ganjar Pranowo. Bareskrim akan mempelajari laporan polisi (LP) terhadap Pigai itu.

"Polri sebagai pelayan masyarakat, siapa pun yang datang ingin dilayani oleh Polri, tentunya Polri akan melayani. Termasuk laporan terhadap Saudara Natalius Pigai itu diterima, dipelajari oleh penyidik," ujar Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Rusdi Hartono saat ditemui di kantornya, Jakarta Selatan, Rabu (6/10/2021).

Rusdi menyampaikan penyidik akan mencari bukti-bukti untuk menilai apakah ada tindak pidana dalam laporan terhadap Pigai itu. Jika ada, Bareskrim akan memproses laporan dugaan rasisme Pigai tersebut.

"Tentunya akan diambil langkah-langkah oleh penyidik nanti mengumpulkan bukti-bukti yang relevan untuk menilai apakah ada tindak pidana atau tidak ada tindak pidana," tuturnya.

"Kalau ada tindak pidana, tentunya akan dilanjutkan prosesnya. Kalau memang tidak ada tindak pidana, tidak akan dilanjutkan oleh penyidik," sambung Rusdi.

Sementara itu, Rusdi mengatakan Bareskrim belum berencana memanggil pelapor ataupun Pigai sebagai terlapor untuk diklarifikasi. Dia menyebut penyidik belum menjadwalkannya.

"Belum, nanti kita tunggu penyidiknya," imbuhnya.