PPKM Pasuruan, Ini Alasan Naik Lagi ke PPKM Level 3

Tim detikcom - detikNews
Rabu, 06 Okt 2021 15:25 WIB
PPKM Pasuruan, Ini Alasan Naik Lagi ke PPKM Level 3
PPKM Pasuruan, Ini Alasan Naik Lagi ke PPKM Level 3 / Foto: Edi Wahyono
Jakarta -

PPKM Pasuruan saat ini naik level jadi PPKM Level 3. Apa alasan levelnya naik lagi dan bagaimana aturannya sekarang?

PPKM di Jawa Bali seperti diketahui diperpanjang selama 2 pekan, yakni mulai 5 Oktober hingga 18 Oktober 2021. Pemerintah juga mengumumkan status level PPKM daerah-daerah di Indonesia.

Ternyata, ada daerah yang bukan turun namun naik level PPKM. Salah satunya adalah Pasuruan.

PPKM Pasuruan sebelumnya adalah PPKM level 2. Namun, setelah pengumuman hasil evaluasi pada Senin kemarin, PPKM Pasuruan kini naik level menjadi level 3. Kenaikan status level PPKM ini salah satunya disebabkan karena capaian vaksinasi yang masih rendah.

"Pemkab sangat prihatin ya. Karena vaksinasi sekarang menjadi salah satu tolak ukur PPKM. Kalau dulu enggak," ujar Sekretaris Daerah Kabupaten Pasuruan Anang Saiful Wijaya kepada wartawan, Selasa (5/10/2021) kemarin.

PPKM Pasuruan: Distribusi Vaksin Masih Rendah

Seperti yang sudah disinggung di atas, bahwa alasan PPKM Pasuruan naik ke level 3 disebabkan karena capaian vaksin yang masih rendah, yakni 29 persen. Oleh sebab itu, Pemkab Pasuruan akan berusaha semaksimal mungkin agar Pasuruan bisa kembali turun level.

"Dulu distribusi vaksin kecil. Misal sejak dulu pemkab diberikan vaksin besar ya capaian vaksinasi tinggi," kata Anang.

"Tentu saja vaksinasi akan terus dilakukan. Saat ini tiap hari 15 ribu dosis vaksin kita berikan. Itu akan terus dilakukan selama ada stok vaksin," tambahnya.

PPKM Pasuruan: Pelaksanaan Prokes Menurun

Selain itu, alasan kenapa Pasuruan bisa naik level yaitu karena pelaksanaan protokol kesehatan (prokes) masyarakat mulai menurun. Tempat wisata yang sempat buka kini akan ditutup lagi. Pembelajaran tatap muka juga akan dievaluasi lagi.

"Operasi prokes ditingkatkan lagi. Memang tingkat ketaatan prokes kendor, 2 hingga 3 minggu terakhir masyarakat euforia," jelasnya.

Informasi berikutnya soal PPKM Pasuruan ada di halaman selanjutnya.