5 Atlet DKI di PON Papua Terpapar Corona, Kontak Erat Ditelusuri

Tiara Aliya Azzahra - detikNews
Rabu, 06 Okt 2021 13:27 WIB
Anies Baswedan melepas Kontingen DKI Jakarta ke PON XX Papua
Ilustrasi kontingen DKI Jakarta ke PON XX Papua (Dok. Pemprov DKI Jakarta)
Jakarta - Dinas Kesehatan (Dinkes) DKI Jakarta tengah melakukan penelusuran kontak erat setelah 5 atlet kontingen DKI Jakarta di PON Papua positif COVID-19. Para atlet diduga terpapar varian baru Corona karena cycle threshold (CT) value tergolong rendah.

"Ini sedang koordinasi dengan KONI DKI jadi prinsipnya sama saja seperti kami menemukan kasus positif. Pasti kontak erat di-tracing, lalu dihubungi dan dipantau," kata Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinkes DKI Dwi Oktaviani kepada wartawan, Rabu (6/10/2021).

Saat ini, sejumlah atlet DKI dilaporkan telah pulang ke Jakarta. Untuk itu, Dinkes DKI memastikan akan membatasi interaksi para atlet yang sempat berkontak erat dengan atlet yang terpapar COVID-19.

"Untuk yang punya kemungkinan menjadi kontak erat, maka dia harus membatasi interaksi dengan orang lain. Harus karantina secara mandiri dan pastikan bisa terhubung pada saat dihubungi petugas kesehatan untuk di-tracing itu bisa kooperatif, bisa komunikasi dengan lancar," ucapnya.

Dwi menjelaskan, untuk memastikan 5 atlet itu terpapar Corona varian baru atau bukan, perlu dilakukan pemeriksaan genome sequencing terlebih dahulu. Pemeriksaan ini, kata Dwi, bertujuan mengetahui pemetaan virus.

"Kalau CT value rendah jumlah virusnya banyak. Jadi cara bacanya kebalik, cara baca CT value itu semakin rendah CT value materi genetiknya makin banyak," ujarnya.

"Nah, itu sampelnya dikirim untuk pemeriksaan genome sequencing untuk mengetahui variannya. Kalau nanti memenuhi itu nanti kita kirim sampelnya, untuk pemeriksaan genomes," tambahnya.

Ketika dimintai konfirmasi terpisah, Kabid Kesehatan Kontingen DKI, dr Junaidi, memastikan tak ada tambahan atlet kontingen DKI yang terpapar virus Corona. Sejauh ini, 5 atlet yang positif COVID-19 bergejala ringan dan tengah menjalani perawatan.

"Yang parah nggak ada, OTG gejala ringan," ucapnya.

Seperti diketahui, lima atlet kontingen DKI Jakarta di PON Papua terpapar COVID-19. Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) DKI Jakarta curiga ada varian baru Corona.

Kabid Kesehatan Kontingen DKI, dr Junaidi menyebut tiga atlet DKI yang terpapar Corona ada di Timika, sementara dua lainnya di Jayapura. Kelimanya berasal dari cabang olahraga yang berbeda. (fas/fas)