Viral Video Warga di Tangerang Bopong Jenazah Usai Makam Dibongkar

Nahda Rizki Utam - detikNews
Selasa, 05 Okt 2021 20:10 WIB
Ilustrasi jenazah
Ilustrasi jenazah (Foto: Thinkstock)
Jakarta -

Sebuah video yang menampilkan warga Kecamatan Pagedangan, Tangerang, Banten, membopong jenazah yang sudah berbalut kain kafan viral di media sosial. Jenazah-jenazah tersebut dipindahkan lantaran tanah makam milik pengembang.

Dalam video itu, tampak beberapa orang yang sedang berjalan dan membawa jenazah yang berbalut kain kafan untuk dipindahkan lahan makam yang sudah disiapkan.

Camat Pagedangan HA Zaenudin mengatakan saat ini sudah hari ketiga pemindahan makam dilakukan. Ratusan makam tersebut akan dipindahkan ke lahan yang lebih luas.

"Yang jelas itu dipindahkannya 3 kali lipat luasnya dari yang sekarang. Itu kebetulan milik perorangan pribadi dan sekarang lagi diurus pemindahannya hari ketiga oleh para ahli waris yang dikubur di situ," kata Zaenudin saat dihubungi, Selasa (5/10/2021).

"Kalau persisnya jumlahnya saya nggak tahu persis yang jelas di atas 100 (jenazah) karena memang sekarang kan para ahli warisnya lagi menggali," tambahnya.

Zaenudin juga belum menjelaskan secara pasti untuk apa lahan itu nantinya. Kemungkinan lahan tersebut akan dibangun untuk perumahan, jalan, atau ruang terbuka hijau.

"Kalau itu kan yang punya izin lokasinya ke pemerintah daerah itu BSD itu mungkin untuk perumahan atau jalan atau memang nanti ruang terbuka hijau kita tidak tahu," jelas Zaenudin.

Selanjutnya, Zaenudin menjelaskan seluruh pihak dan ahli waris dari makam-makam tersebut setuju dengan relokasi makam ke lahan yang lebih luas karena sebelumnya telah diadakan musyawarah bersama tokoh agama di Kampung Malagas Sasak.

"Malagas juga kalau tidak salah (nama makamnya). Karena inikan makam pribadi kurang-lebih 1.000 meter lebih, 1.400 meter. Jadi sekarang dimakamkan ke kuburan yang luas kebetulan ahli warisnya sudah setuju pindah ke situ," ungkap Zaenudin.

"Ini semua diurus oleh paguyuban pemakam yang ada di situ oleh para ustaz yang ada di situ. Sudah sesuai dengan prosedur. Sudah dimusyawarahkan," sambungnya.

Lihat juga video 'Kisah di Balik Viral Pemotor Bawa Jenazah di Atas Bronjong':

[Gambas:Video 20detik]



(isa/isa)