New Normal di Blitar Diuji Coba, Apa Saja yang Baru?

Annisa Rizky Fadhila - detikNews
Selasa, 05 Okt 2021 19:15 WIB
Jakarta -

New normal di Blitar mulai diuji coba. Kota Blitar menjadi satu-satunya daerah di Jawa Timur yang menjalani PPKM level 1.

"Pemerintah akan melakukan ujicoba pemberlakuan PPKM Level 1 (New Normal) untuk Kota Blitar," kata Menteri Koordinator bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan, dalam paparan virtual, Senin (4/10/2021).

New normal di Blitar dilakukan usai target vaksinasi telah terpenuhi. Hal ini sesuai dengan indikator WHO, di mana target vaksinasi dosis pertama sebesar 70%. Sementara dosis pertama untuk lansia sebanyak 60%. Dengan demikian, new normal di Blitar sudah mendekati aktivitas kehidupan normal.

Terkait new normal di Blitar, detikcom sudah merangkum kabar terkininya. Simak uraian di bawah ini.

New Normal di Blitar: Perkantoran Wajib Pakai PeduliLindungi

Untuk mengoptimalkan new normal di Blitar, hari ini seluruh perkantoran di Blitar wajib memakai aplikasi PeduliLindungi. Aplikasi ini dipakai baik di kantor pemerintah maupun swasta.

"Mulai hari ini kami wajibkan semua kantor, baik negeri maupun swasta memakai scan barcode QR PeduliLindungi," ujar Wali Kota Blitar Santoso, Selasa (5/10/2021).

Selain menerapkan PPKM level 1, Kota Blitar bakal mengejar target pelaksanaan vaksinasi massal secara masif. Agar pelaksanaan new normal di Blitar berjalan optimal, pekan depan 30.000 dosis vaksin Sinovac bakal dikirimkan ke Kota Blitar.

Selain menerapkan kebijakan PPKM level 1, Kota Blitar akan mengejar target pelaksanaan vaksinasi massal secara masif. Pekan depan, dibantu Pangkoarmatim sebanyak 30.000 dosis vaksin Sinovac akan dikirim ke Kota Blitar.

"Sampai hari ini, vaksinasi kita sudah mencapai 94,46 persen. Kita juga akan dipantau tim pusat selama uji coba new normal ini. Studi komparasi kita lakukan bersama agar kegiatan ekonomi masyarakat bisa berjalan normal dan hidup secara normal di era pandemi ini," ujarnya.

New Normal di Blitar: Sektor Non Esensial WFO 75%

Sejalan dengan new normal di Blitar, pemerintah melonggarkan aturan WFO bagi sektor non esensial. Saat ini, kapasitas WFO sektor non esensial 75%.

"Pemerintah akan melakukan uji coba pemberlakuan PPKM level 1 new normal di Kota Blitar. Implementasi uji coba PKKM level 1 diberlakukan karena telah memenuhi syarat indikator WHO dan target cakupan vaksinasi tahap satu sebesar 70% dan dosis satu lansia sebesar 60%," kata Menteri Koordinator Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan saat jumpa pers di akun Sekretariat Presiden, Senin (4/10).

Sejumlah aktivitas di era new normal di Blitar bakal mendekati layaknya sebelum pandemi COVID-19. Agar penambahan kasus aktif tak lagi terjadi, Luhut menyebutkan perlu tindakan surveilans, testing, tracing dan peningkatan disiplin protokol kesehatan. Pemerintah pun nantinya bakal memonitor new normal di Blitar.