Ancam Laporkan Risma-Luhut sebagai Pelaku Rasis, Pigai Klaim Punya Bukti

Adhyasta Dirgantara - detikNews
Selasa, 05 Okt 2021 16:06 WIB
Dwi Andayani/detikcom
Natalius Pigai (Dwi Andayani/detikcom)
Jakarta -

Eks komisioner Komnas HAM Natalius Pigai mengancam akan melaporkan Gubernur DI Yogyakarta Sri Sultan Hamengkubuwono X, Menteri Sosial Tri Rismaharini (Risma), Menko Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan, hingga mantan Kepala BIN Jenderal (Purn) AM Hendropriyono sebagai pelaku rasis ke warga Papua. Pigai mengklaim punya bukti autentik untuk melaporkan mereka.

"Kami punya bukti-bukti autentik. Ada pernyataan-pernyataan yang kami pegang. Intinya, kami punya bukti," ujar pengacara Pigai, Marthen Goo, saat dimintai konfirmasi, Selasa (5/10/2021).

Marthen tidak menjelaskan secara rinci apa bukti autentik yang dimaksud. Dia hanya menyebut pihaknya akan menunggu perkembangan selanjutnya untuk membuat laporan polisi (LP).

Selain itu, Marthen menyampaikan cuitan Pigai mengenai Presiden Joko Widodo (Jokowi) serta Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo bukanlah rasis, melainkan kritikan. Marthen menilai Pigai adalah korban rasis yang dituduh rasis.

"Karena klien kami tidak punya latar belakang menyampaikan narasi rasis, malah beliau korban rasis tapi dituduh rasis. Sementara, cuitannya lebih pada kritikan," terangnya.

Untuk itu, Marthen meminta polisi mengusut orang-orang yang menafsirkan cuitan Pigai sebagai sesuatu yang rasis.

"Kami minta, oknum orang yang memelintirin ke isu rasis harus diproses hukum. Karena itu lebih pada kritikan terhadap pemimpin publik, dan tidak ada frasa atau unsur rasis," imbuh Marthen.

Simak video 'Polda Metro Minta BaraNusa Lapor Mabes soal Cuitan Natalius Pigai':

[Gambas:Video 20detik]