Polwan Ucapkan Selamat HUT TNI dan Bagi-bagi Bunga ke Prajurit di Monas

Farih Maulana Sidik - detikNews
Selasa, 05 Okt 2021 11:07 WIB
Polwan bagi-bagi bunga ke prajurit TNI saat HUT TNI ke-76 di Monas
Polwan bagi-bagi bunga kepada prajurit TNI saat HUT TNI ke-76 di Monas. (Farih Maulana/detikcom)
Jakarta -

TNI berulang tahun ke-76 hari ini. Para Polisi Wanita (Polwan) pun bagi-bagi bunga ke prajurit TNI di kawasan Monas, Jakarta Pusat.

Pantauan detikcom, Selasa (5/10/2021), tepat di seberang Istana Merdeka Jakarta, para Polwan dari Polres Jakarta Pusat mendatangi prajurit TNI seusai upacara peringatan HUT ke-76 TNI yang digelar di istana. Para Polwan itu mengucapkan selamat ulang tahun kepada prajurit dan membagikan bunga mawar.

Bunga yang dibagikan hanya dua warna, yakni warna merah dan putih. Para Polwan ini menghampiri satu per satu prajurit TNI dan memberinya bunga.

Ucapan selamat ulang tahun dan pemberian bunga itu tampak diterima prajurit TNI dengan baik. Mereka terdengar saling mendoakan agar TNI-Polri dapat selalu bersinergi ke depan.

"Selamat ulang tahun, Pak," kata salah satu Polwan kepada prajurit TNI.

Polwan bagi-bagi bunga ke prajurit TNI saat HUT TNI ke-76 di MonasPolwan bagi-bagi bunga ke prajurit TNI saat HUT TNI ke-76 di Monas. (Farih Maulana/detikcom)

Untuk diketahui, upacara peringatan HUT ke-76 TNI dipimpin oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi). Potensi ancaman biologi hingga terorisme menjadi perhatian utama Jokowi.

"Kesigapan TNI ini juga saya minta selalu diaktifkan dalam menghadapi spektrum ancaman yang lebih luas, seperti pelanggaran kedaulatan, pencuri kekayaan alam di laut, radikalisme, terorisme, ancaman siber dan ancaman biologi termasuk ancaman bencana alam," kata Jokowi saat memimpin upacara peringatan HUT TNI di halaman Istana Merdeka seperti disiarkan di akun YouTube Sekretariat Presiden, Selasa (5/10).

Dalam HUT ke-76 TNI ini, ratusan alutsista milik TNI dipamerkan di depan Istana. Sejumlah kendaraan taktis TNI berjejer di sepanjang Jalan Medan Merdeka Barat dan Jalan Medan Merdeka Utara.

Beberapa jenis alutsista yang ditampilkan adalah 2 unit kendaraan taktis ringan Sherpa Light Scout, 35 unit kendaraan taktis Anoa, 8 unit Indonesia Light Strike Vehicle (ILSV) Armoured Personel Carrier, dan 2 unit Rantis Bushmaster.

Ada juga 19 unit P6 ATAV, 18 unit Rudal Mistral, 2 Unit Mistral MPCV, 4 unit radar MCP, 2 unit BTR 4, 1 unit Aligator, 2 unit APC Turangga, 4 unit MLRS RM 70 Vampire beserta 1 unit Rantis Tatrapan, 2 unit Orlikon Skyshield, 4 unit MLRS Astros, dan 6 unit Armed Caesar 155 MM.

(fas/lir)