Kapan Hari Guru Indonesia? Beda dengan Hari Guru Sedunia 5 Oktober

Salma Rafifa Aprillya - detikNews
Selasa, 05 Okt 2021 07:37 WIB
Kapan Hari Guru Indonesia? Beda dengan Hari Guru Sedunia 5 Oktober
Kapan Hari Guru Indonesia? Beda dengan Hari Guru Sedunia 5 Oktober (Foto: Getty Images/iStockphoto/Zurijeta)
Jakarta -

Kapan Hari Guru Indonesia? Pertanyaan ini muncul di tengah peringatan Hari Guru Sedunia 5 Oktober.

Seperti diketahui, 5 Oktober 2021 memperingati Hari Guru Sedunia. Peringatan ini berbeda dengan Hari Guru Nasional yang jatuh pada tanggal 25 November mendatang.

Sejarah dan awal penentuan Hari Guru Indonesia dan Hari Guru Sedunia tentu saja berbeda. Simak ulasan soal perbedaan dasar kapan Hari Guru Sedunia dan kapan Hari Guru Sedunia di ulasan berikut ini.

Kapan Hari Guru Indonesia? Ini Jawabannya

Penetapan Hari Guru Indonesia ada di Keppres nomor 78 tahun 1994 tentang Hari Guru Nasional. Tanggal 25 November diperingati sebagai hari ulang tahun Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) dan sebagai upaya untuk mewujudkan penghormatan kepada guru, dipandang perlu menetapkan tanggal 25 November tersebut sebagai Hari Guru Nasional

Dilansir dari situs resmi PGRI, PGRI sebagai organisasi profesi yang independen terus bergerak, mengabdi, dan memperbarui diri agar senantiasa adaptif dan responsif terhadap perubahan terutama dalam menghadapi pandemi Covid-19. Pertama didirikan tanggal 25 November 1945 PGRI sebagai organisasi gabungan dari puluhan organisasi guru yang berbeda paham dan golongan.

Maka dari itu, perayaan Hari Guru Nasional yang ditetapkan tanggal 25 November merupakan salah satu kesempatan masyarakat untuk memperingati ulang tahun PGRI serta untuk menghargai perjuangan para guru seluruh Indonesia. Hari Guru Nasional juga bertujuan untuk mengapresiasi peran penting guru sebagai manusia pengubah yang berkarakter kreatif, inovatif, dan berdedikasi.

Setelah mengetahui kapan Hari Guru Indonesia diperingati, berikut informasi mengenai Hari Guru Sedunia yang sudah kami rangkum.

5 Oktober 2021 Memperingati Hari Apa?

UNESCO mencetuskan tanggal 5 Oktober memperingati Hari Guru Sedunia untuk merayakan jasa guru di seluruh dunia. Dilansir dari situs resmi UNESCO, Hari Guru Sedunia sudah dirayakan sejak tahun 1994.

Hari Guru Sedunia ini bertujuan untuk memperingati ulang tahun penandatanganan Rekomendasi ILO / UNESCO 1966 tentang Status Guru yang menetapkan tolak ukur hak dan tanggung jawab guru, standar untuk persiapan awal dan pendidikan lebih lanjut, rekrutmen, pekerjaan, serta kondisi belajar-mengajar.

Dilansir dari situs resmi UNESCO, tema Hari Guru Sedunia 2021 hari ini adalah "Teachers at the heart of education recovery". Tahun ini, Hari Guru Sedunia 2021 akan memperhatikan dampak pandemi terhadap pendidikan serta langkah-langkah apa yang perlu diambil untuk memastikan bahwa guru sebagai tenaga pengajar mengembangkan potensi penuh mereka dalam proses pemulihan dari pandemi.

Setelah memahami mengenai Hari Guru di Indonesia dan Hari Guru Sedunia, bisa disimpulkan bahwa keduanya berbeda. Dilihat dari tujuan diperingatinya, Hari Guru Nasional bertujuan untuk memperingati ulang tahun PGRI sebagai wujud penghormatan kepada guru seluruh Indonesia. Sedangkan, Hari Guru Sedunia bertujuan untuk memperingati hari penandatanganan Rekomendasi ILO / UNESCO 1966 tentang Status Guru. Pertanyaan kapan Hari Guru Indonesia sudah terjawab.

(imk/imk)