Round-Up

Giliran Haris Azhar-Fatia Dipanggil Polisi Usai Luhut Diperiksa

Tim detikcom - detikNews
Selasa, 05 Okt 2021 06:32 WIB
Haris Azhar
Haris Azhar (Foto: Ari Saputra-detikcom)
Jakarta -

Kasus dugaan pencemaran nama baik melalui ITE yang dilaporkan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan, terus bergulir di kepolisian. Setelah Luhut diperiksa, kini giliran Direktur Lokataru Haris Azhar dan Komisioner KontraS Fatia Maulidiyanti yang dipanggil polisi.

Dalam kasus ini, Haris Azhar dan Fatia Maulidiyanti berstatus sebagai terlapor. Keduanya dilaporkan oleh Luhut karena dinilai telah mencemarkan nama baik dan fitnah atas tudingan kepemilikan tambang di Papua.

Haris-Fatia Dipanggil Pekan Depan

Haris Azhar dan Fatia Maulidiyanti dipanggil polisi sebagai terlapor di kasus Luhut. Polisi telah menjadwalkan pemeriksaan keduanya pada pekan depan.

"Kita sedang merencanakan untuk mengundang interview terlapor. Mudah-mudahan minggu depan bisa terlaksana. Kami undang saudara HA (Haris Azhar) nanti," kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Yusri Yunus di Mapolda Metro Jaya, Jakarta, Senin (4/10/2021).

Menurut Yusri, pemeriksaan kepada terlapor baik Haris Azhar dan Fatia Maulidiyanti akan dilakukan secara bersamaan pekan depan. Namun dia belum merinci tanggal pemeriksaan Haris Azhar dan Fatia Maulidiyanti itu.

"Insyaallah minggu depan kami rencanakan," ujar Yusri.

Luhut Telah Diperiksa

Luhut Binsar Pandjaitan selaku pelapor telah menjalani pemeriksaan di Polda Metro Jaya pada Senin (27/9). Pemeriksaan Luhut berlangsung selama 1 jam.

Dalam proses pemeriksaan tersebut, Luhut juga melampirkan 12 item barang bukti ke polisi. Seusai menjalani pemeriksaan, Luhut menegaskan tidak memiliki bisnis tambang di Papua.

"Saya tidak ada sama sekali bisnis di Papua, sama sekali tidak ada. Apalagi itu dibilang pertambangan-pertambangan. Itu kan berarti jamak, saya tidak ada," jelas Luhut di Polda Metro Jaya, Jakarta, Senin (27/9).

Simak selengkapnya di halaman selanjutnya

Simak Video: Polisi Akan Panggil Haris Azhar-Fatia Pekan Depan

[Gambas:Video 20detik]