3 Atlet Positif COVID Usai Berlaga, Menpora Tegaskan PON Tetap Lanjut

Saiman - detikNews
Senin, 04 Okt 2021 22:09 WIB
Menteri Pemuda dan Olahraga, Zainudin Amali (tengah), bersama Menteri BUMN Erick Thohir (kanan) dan  Presdir PT Freeport indonesia (kiri)
Menteri Pemuda dan Olahraga, Zainudin Amali (tengah), bersama Menteri BUMN Erick Thohir (kanan) dan Presdir PT Freeport Indonesia (kiri). (Saiman/detikcom)
Timika -

Dua atlet judo asal Kalimantan Timur (Kaltim) dan pebasket putri dikabarkan positif COVID-19 usai berlaga di PON XX Papua. Ketiganya disebut terkonfirmasi setelah menjalani tes polymerase chain reaction (PCR).

"Mereka datang ke sini kan sudah divaksin jadi tidak terlalu terlalu bermasalah. Satu (atlet) kena (COVID-19), tidak mungkin semua (pertandingan PON XX) dihentikan," kata Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali kepada wartawan usai kunjungan ke Mimika Sport Complex, Senin (4/10/2021).

Zainuddin tak menerangkan tersebut terkonfirmasi Corona sebelum atau sesudah pertandingan. Namun Zainudin menjelaskan sudah ada cara penanganan kasus COVID-19 dalam technical meeting sebelum pertandingan PON XX digelar, di mana atlet tersebut harus diisolasi.

"Malah pertandingan sudah selesaikan dari awal, sudah diberi tahu bahwa bagi ada yang terindikasi positif langsung diisolasi," ucap Zainudin.

Dengan demikian, Zainudin menegaskan pertandingan tetap berjalan. "Yang lain tetap jalan. Kan tidak mungkin satu orang mempengaruhi jalannya pertandingan," sambung dia.

Menurut informasi, atlet yang terkonfirmasi Corona saat ini diisolasi di RSUD Mimika. Namun sampai saat ini pihak RSUD Mimika belum bisa dimintai keterangan.

Simak juga video 'Varian Delta Bermutasi Lagi, Menkes Budi: Kita Monitor Secara Ketat':

[Gambas:Video 20detik]



(aud/aud)