Jokowi Ucapkan Selamat ke PM Baru Jepang Fumio Kishida

Kanavino Ahmad Rizqo - detikNews
Senin, 04 Okt 2021 18:01 WIB
Presiden Jokowi
Presiden Jokowi (Biro Pers Setpres)
Jakarta -

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyampaikan ucapan selamat kepada Fumio Kishida yang resmi terpilih sebagai Perdana Menteri (PM) baru Jepang. Jokowi siap untuk meningkatkan kerja sama Indonesia dan Jepang.

Ucapan selamat itu disampaikan Jokowi lewat akun Twitter, Senin (4/10/2021). Jokowi memberikan ucapan selamat dengan bahasa Inggris.

"Congratulations to Japan's new PM, H.E. Kishida Fumio @kishida230. Ready to work closely in further strengthening RI-Japan cooperation; overcoming Covid-19 pandemic, deepening economic partnership," tulis Jokowi.

Selain itu, Jokowi menyampaikan apresiasi kepada PM Jepang sebelumnya, yaitu Yoshihide Suga.

"Appreciation to former PM Suga Yoshihide @sugawitter for his dedication in advancing bilateral ties," ujar Jokowi.

Seperti dilansir AFP, Senin (4/10/2021), Kishida mengalahkan kandidat populer Tao Kono, yang memimpin program vaksinasi virus Corona (COVID-19) di Jepang dalam voting pemilihan Ketua Partai Demokratik Liberal (LDP) yang berkuasa di Jepang, pekan lalu.

Dia dengan mudah memenangkan voting di majelis rendah parlemen pada Senin (4/10) waktu setempat, dimana koalisi berkuasa yang menuangi LDP memegang suara mayoritas. Kishida resmi terpilih sebagai PM Jepang dengan 311 suara mendukung, melawan 124 suara untuk pemimpin oposisi Yukio Edano.

"Majelis ini menunjuk Fumio Kishida sebagai Perdana Menteri," tegas ketua majelis rendah dalam parlemen Jepang, Tadamori Oshima, setelah voting digelar.

Majelis tinggi juga akan menggelar voting sendiri, tapi majelis rendah yang memegang kendali atas keputusan itu. Voting akan digelar majelis tinggi tak lama setelah voting majelis rendah.

Kishida membungkukkan badan untuk berterima kasih kepada para anggota parlemen setelah voting digelar, namun dia belum memberikan komentar. Sebelumnya, dia hanya memberi tahu wartawan setempat bahwa dia siap untuk pekerjaan barunya ini.

"Saya pikir itu akan menjadi awal yang baru dalam arti sebenarnya," sebutnya. "Saya ingin menghadapi tantangan dengan kemauan yang kuat dan tekad yang teguh untuk menghadapi masa depan," imbuh Kishida.

Simak juga video saat 'Terpilih Jadi PM Jepang, Fumio Kishida Janji Naikkan Gaji Warga':

[Gambas:Video 20detik]



(knv/imk)