Kota Blitar Uji Coba PPKM Level 1, Aktivitas Mendekati Hidup Normal

Tim detikcom - detikNews
Senin, 04 Okt 2021 15:35 WIB
Jakarta -

Kota Blitar, Jawa Timur, menjadi kota pilihan pemerintah pusat untuk menerapkan PPKM level 1 new normal. Keputusan pemerintah ini berdasarkan indikator Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) dan cakupan vaksinasi.

"Pemerintah akan melakukan uji coba pemberlakuan PPKM level 1 new normal di Kota Blitar. Implementasi uji coba PKKM level 1 diberlakukan karena telah memenuhi syarat indikator WHO dan target cakupan vaksinasi tahap satu sebesar 70% dan dosis satu lansia sebesar 60%," kata Menteri Koordinator Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan saat jumpa pers di akun Sekretariat Presiden, Senin (4/10/2021).

Luhut menjelaskan PKKM level 1 new normal di Blitar nantinya mendekati aktivitas seperti sebelum pandemi. Luhut menekankan pemerintah akan memonitor PKKM level 1 new normal di Kota Blitar.

"Penerapan PPKM level 1 akan mendekati aktivitas kehidupan masyarakat yang normal. Untuk mengimbangkan hal tersebut, tindakan surveilans, testing, tracing, dan peningkatan disiplin protokol kesehatan," ujar Luhut.

Selain itu, parah ahli dan pakar dilibatkan memantau penerapan PPKM level 1 new normal di Kota Blitar. Jika PPKM level 1 new normal Kota Blitar sukses penerapannya, maka akan diterapkan di kota lainnya.

Kami juga sudah bentuk task force yang terdiri pakar-pakar dan ahli-ahli bidangnya untuk nanti tinggal beberapa waktu di Blitar untuk memonitor. Kalau nanti ini berhasil kita akan kembangkan ke kota-kota yang dapat masuk ke level 1," imbuhnya.

(rfs/imk)