Gerindra Sambut Partai Buruh: Selamat Berjuang Menempuh Demokrasi!

Eva Safitri - detikNews
Senin, 04 Okt 2021 13:12 WIB
Sufmi Dasco Ahmad, gerindra
Sufmi Dasco Ahmad (Mochammad Zhacky/detikcom)
Jakarta -

Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) akan membangkitkan kembali Partai Buruh untuk ikut serta dalam kontestasi pemilu pada 2024 mendatang. Wakil Ketua DPR yang juga Ketua Harian DPP Gerindra, Sufmi Dasco Ahmad, menyambut baik hal itu.

"Pertama kami apresiasi dan menyambut baik KSPI yang akan menghidupkan kembali Partai Buruh yang kita sudah sama-sama tahu bahwa Partai Buruh pernah beberapa kali mengikuti pemilu di RI. Nah di demokrasi ini sebaiknya salurkan aspirasi itu di parlemen untuk memperjuangkan aspirasi yang ada melalui mekanisme yang sudah dibentuk oleh demokrasi kita," kata Dasco kepada wartawan, Senin (4/10/2021).

Dasco menilai Partai Buruh akan menjadi wadah bagi tuntutan para buruh jika digerakkan secara optimal. Tinggal bagaimana mereka menarik hari masyarakat.

"Oleh karena itu, adanya partai buruh ini sangat bagus, supaya aspirasi para buruh itu kemudian bisa diperjuangkan semaksimal mungkin dari mulai menyampaikan aspirasi sampai membentuk atau merevisi UU," ujarnya.

"Sekali lagi kami sampaikan apresiasi kepada teman-teman pekerja buruh dan saya ucapkan selamat berjuang untuk menempuh jalan demokrasi. Kalau mereka harus mengikuti demokrasi tentunya rakyat yang menentukan apakah memang kemudian partai ini bisa ada tempat di parlemen atau tidak, tergantung dari teman-teman Partai Buruh mengambil hati rakyat Indonesia," lanjut Dasco.

Ketua Harian Gerindra ini menilai Partai Buruh memiliki peluang yang besar. Sebab, jumlah buruh di Indonesia yang angkanya cukup besar.

"Kalau lihat peluang seharusnya besar ya, karena dengan persyaratan 4 persen untuk parliamentary threshold bisa dicapai oleh Partai Buruh yang basisnya adalah pekerja yang kita lihat bahwa pekerja kita di Indonesia ini jumlahnya banyak sekali, sehingga peluangnya cukup besar," katanya.

Sebelumnya, KSPI beserta 50 federasi serikat pekerja tingkat nasional akan membangkitkan kembali Partai Buruh untuk ikut serta dalam kontestasi pemilu pada 2024 mendatang. Presiden KSPI Said Iqbal menyebut dirinya sementara sebagai calon tunggal yang akan mengisi kursi Presiden Partai Buruh.

"Calon Presiden Partai Buruh sampai hari ini menurut kawan-kawan hanya baru satu orang yang diusulkan bulat oleh 11 organisasi pendiri Partai Buruh yang baru saudara Said Iqbal. Memang mungkin bisa saja nanti sampai dengan nanti kongres ada yang bertambah, tapi bulat sampai hari ini baru satu nama yang disepakati untuk disetujui kongres, yaitu saudara Said Iqbal dari KSPI, presiden KSPI," kata Presiden KSPI, Said Iqbal, dalam konferensi pers di kanal YouTube 'Bicaralah Buruh', Minggu (3/10).

Said Iqbal menerangkan kongres Partai Buruh akan digelar dua hari terhitung mulai besok. Sementara deklarasinya akan dilakukan pada hari terakhir kongres partai, yakni pada 5 Oktober di salah satu hotel di Jakarta.

"Kami mengundang pada tanggal 5 Oktober 2021 kepada kawan-kawan media untuk meliput penutupan kongres Partai Buruh akan diumumkan susunan pengurusnya yang baru dan juga keputusan keputusan kongres lainnya jam 10.45 WIB di Hotel Grand Cempaka Putih. Bagi yang tidak bisa hadir kami berharap bisa bergabung nanti di konferensi pers partai melalui Zoom," tuturnya.

Said Iqbal berharap Partai Buruh lolos verifikasi KPU, termasuk ambang batas parlemen. Dua hal itu, kata Said Iqbal, sebagai wujud awal kebangkitan Partai Buruh.

"Kami harapkan kalau sudah lolos verifikasi KPU, lolos parliamentary threshold, kami tidak muluk-muluk sebagai partai yang mudah-mudahan bisa lolos verifikasi ikut mengikuti pemilu oleh KPU lolos verifikasinya, lolos parliamentary threshold sudah lebih dari cukup untuk tahap awal pembangkitan kembali Partai Buruh," ungkapnya.

(eva/gbr)