Round-Up

Kala Puan Maharani Terseret Heboh Natalius Pigai

Tim detikcom - detikNews
Senin, 04 Okt 2021 08:30 WIB
Ketua DPR Puan Maharani.
Foto: Ketua DPR Puan Maharani (dok. istimewa)
Jakarta -

Cuitan kontroversial mantan Komisioner Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM) Natalius Pigai, tak hanya menyeret nama-nama yang disebutkan. Nama tokoh yang tidak disebutkan pun ikut terseret. Siapa dia?

'Orang kedua' di tubuh PDI Perjuangan (PDIP), namun bukan struktural, Puan Maharani, ikut dibawa-bawa ke pusaran cuitan kontroversi Pigai di Twitter. Dalam cuitannya, Pigai menuduh Joko Widodo (Jokowi) dan Ganjar Pranowo rasis.

Tudingan ini dilontarkan Pigai melalui akun Twitter-nya, @NataliusPigai2. Pigai menuding Presiden Jokowi dan Ganjar merampok kekayaan Papua.

"Jgn percaya org Jawa Tengah Jokowi & Ganjar. Mrk merampok kekayaan kita, mereka bunuh rakyat papua, injak2 harga diri bangsa Papua dgn kata2 rendahan Rasis, monyet & sampah. Kami bukan rendahan. kita lawan ketidakadilan sampai titik darah penghabisan. Sy Penentang Ketidakadilan)." demikian cuitan Pigai, seperti dilihat, Sabtu (2/10/2021).

Komisioner Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM) Natalius PigaiNatalius Pigai (Foto: Ari Saputra/detikcom)

Namun Pigai merasa cuitannya itu tidak rasis. Dia hanya merasa berbicara dua oknum yang berasal dari Jawa Tengah (Jateng).

"Itu tidak ada rasis itu. Itu hanya dua oknum yang namanya Jokowi dengan Ganjar, itu tidak ada rasis," kata Pigai saat dihubungi, Sabtu (2/10).

"Ke siapa rasisnya? Mereka berasa dari Jawa Tengah itu aksioma. Matahari terbit dari timur itu aksioma. Jokowi dengan Ganjar dari Jawa Tengah itu aksioma. Nggak ada rasis di situ," sambungnya.

Cuitan Pigai itu dikaitkan dengan Puan dengan beredarnya pesan gambar di WhatsApp (WA). Baca di halaman berikutnya.

Tonton Video: Alasan Pigai Sebut Jokowi-Ganjar Rasis Hingga Direspons Ganjar

[Gambas:Video 20detik]