Elite PD Beberkan Pendirian Partai, Ungkit Cerita soal Megawati-Gus Dur

Tiara Aliya Azzahra - detikNews
Minggu, 03 Okt 2021 23:18 WIB
Ketua Majelis Tinggi Partai Demokrat, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), merespons terpilihnya Kepala Staf Kepresidenan (KSP) Moeldoko menjadi Ketua Umum Partai Demokrat lewat agenda yang diklaim sebagai kongres luar biasa (KLB). SBY menuding Moeldoko telah melakukan kudeta bersama orang dalam partai. Hal itu disampaikan di Puri Cikeas, Bogor, Jawa Barat, Jumat (5/3/2021).
Foto: Ketum Partai Demokrat AHY (Antara Foto/Aditya Pradana Putra)
Jakarta -

Elite Partai Demokrat (PD) menceritakan kembali awal mula pendirian PD. Kepala Bakomstra PD Herzaky Mahendra Putra menyebut ide pendirian muncul setelah Megawati Soekarnoputri menggulingkan Abdurrahman Wahid atau Gus Dur dari kursi Presiden RI.

Ketika itu, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), Ketua Majelis Tinggi Demokrat saat ini, menjadi salah seorang kandidat cawapres. Satu cawapres lainnya, yakni Hamzah Haz.

"Kalau kami ingin ulangi lagi kisahnya, PD berdiri dimulai ketika Pak SBY waktu itu di MPR, ketika ada pemilihan Wakil Presiden dari Ibu Megawati yang baru saja menggulingkan Bapak Gus Dur. Ketika itu ada cawapres ada dua, satu Pak Hamzah Haz, kedua Pak SBY," kata Herzaky, Minggu (3/10/2021).

Dalam pemilihan Wapres saat itu, SBY kalah dari Hamzah Haz. Namun, menurut Herzaky, aspirasi masyarakat yang ingin SBY menjadi Presiden RI sudah menggema.

"Ternyata di situ, meskipun banyak suara publik yang menginginkan Pak SBY di luaran itu sebagai Bapak presiden, ternyata kalah oleh Pak Hamzah Haz. Ini ceritanya sudah pernah disampaikan," terang Herzaky.

Sejak saat itu, sejumlah sahabat SBY, salah satunya Ventje Rumangkang, menilai SBY berpotensi untuk menjadi Presiden RI. Hingga kemudian muncul ide pendirian Partai Demokrat.

"Dari situlah ada diskusi dari beberapa sahabat dekat beliau, di antaranya Pak Ventje Rumangkang bahwa pilihannya bapak ini punya potensi luar biasa menjadi calon pemimpin nasional," sebut Herzaky.

"Di situ disampaikan, tapi kita butuh, Pak, partai politik. Di situlah bermula ide membuat Partai Demokrat. ada tim yang dibentuk, ada diskusi," sambung dia.

Baca selengkapnya di halaman berikutnya.

Lihat juga Video: Saat Kubu AHY Beri 2 Opsi ke Moeldoko Hingga Ungkap Minta Jabatan ke SBY

[Gambas:Video 20detik]