Legislator: Kehadiran Jokowi Buka PON XX Bukti Papua Bukan 'Anak Tiri'

Tim detikcom - detikNews
Minggu, 03 Okt 2021 17:16 WIB
Politisi Golkar Robert Kardinal.
Robert Kardinal (Fitang Budhi Adhitia/detikcom)
Jakarta -

Presiden Joko Widodo (Jokowi) membuka secara langsung perhelatan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua 2021. Anggota DPR RI dapil Papua Barat, Robert Kardinal, menilai kehadiran Jokowi membuka langsung PON XX membuktikan bahwa Papua bukan 'anak tiri'.

"Kami bangga Papua terpilih sebagai tuan rumah penyelenggaraan PON XX tahun ini. Kehadiran Presiden Jokowi, yang membuka PON XX Papua, memberi makna khusus bahwa Papua tidak diperlakukan berbeda dari provinsi lain di Indonesia," kata Robert dalam keterangannya, Minggu (3/10/2021).

Karena itu, Robert meminta masyarakat Papua tidak lagi berpikir bahwa mereka dibedakan dengan masyarakat lain di luar Papua. Anggota komisi olahraga DPR itu (Komisi X) menegaskan kepada masyarakat Papua, jangan mau dipecah belah.

"Momentum yang dibuka langsung Presiden Jokowi secara jelas telah menunjukkan bahwa Papua tak dianaktirikan. Jangan ada lagi pemikiran bahwa kita berbeda. Jangan mau dipecah belah," imbau Robert.

Menurut Robert, bukti Papua bukan anak tiri tak hanya terlihat dari kehadiran Presiden Jokowi membuka secara langsung PON XX di Papua. Sebagai gambaran, Robert memaparkan bahwa pemerintah telah menyiapkan anggaran Rp 40,85 triliun untuk pembangunan infrastruktur, guna mendukung pengembangan ekonomi dan pelayanan dasar di Papua tahun depan.

Pengalokasian anggaran itu tertuang dalam Rencana Kerja Pemerintah (RKP) 2022. Anggaran tersebut akan digunakan untuk membangun berbagai program dasar di beberapa wilayah, termasuk Papua.

Setidaknya ada dua proyek besar di Papua yang dianggarkan dalam RKP 2022, yaitu pembangunan Jalan Trans Papua Merauke-Sorong senilai Rp 1,81 triliun dan Jembatan Udara 37 Rute di Papua sebesar Rp 210,72 miliar.

"Penyelenggaraan PON XX mempertegas kehadiran pemerintah dalam berbagai sektor di Papua, tak hanya pembangunan infrastruktur berupa jalan dan lainnya, tapi juga melalui perhelatan olahraga yang mempersatukan bangsa Indonesia. Papua adalah Indonesia," sebut politisi Golkar itu.

Baca pernyataan Presiden Jokowi membuka PON XX Papua di halaman berikutnya.

Simak video 'Senyum Semringah Jokowi Buka PON XX Papua':

[Gambas:Video 20detik]