Hobi Koleksi Action Figure Vs Restu Istri

20detik, Khairunnisa Adinda Kinanti - detikNews
Minggu, 03 Okt 2021 16:13 WIB
Jakarta -

Bagi orang yang baru terjun untuk menjadi kolektor action figure, Frans Sanjaya (32) punya tips untuk cara merawat mainannya. Karena disadari Frans, bukan hal mudah untuk merawat koleksi yang ukuran maupun jumlahnya mencapai puluhan apalagi ratusan buah.

"Yang pertama kalau bisa masukkan ke lemari kaca karena debunya kurang, kelembabannya jadi berkurang dengan adanya lemari. Tapi kalau terpaksa tidak ada lemari kaca kita display di luar harus kita bersihkan. Biasanya saya memakai kuas make-up istri yang lembut banget jadi tidak akan menggores ke mainan," ujar Frans dalam program Sosok.

Diakui Frans, ia sangat detail dan peka terhadap posisi mainannya dikarenakan yang hanya boleh membersihkan mainan-mainan tersebut hanya dirinya sendiri. Sehingga, jika ada perubahan letak atau kerusakan sedikit di mainannya, ia tidak akan tinggal diam.

"Jadi kalau mainan saya bergeser sedikit saja pasti biasanya saya nanya ke istri. Karena takutnya orang yang tidak mengerti disuruh membersihkan takutnya kasar, catnya lecet atau amit-amit patah. Akhirnya saya pribadi, tidak mau orang lain yang membersihkan mainan saya harus saya sendiri yang membersihkan," jelas Frans sembari tersenyum.

Salah satu yang menjadi dilema menjadi seorang kolektor action figure adalah izin dari sang istri. Hal ini juga dirasakan oleh Frans. Dan ia pun memiliki tips untuk membicarakan soal mainan kepada istrinya.

"Yang pertama, mainan bikin saya jadi youtuber, ini mainan kerja dia saya unboxing upload ke youtube ada orang-orang yang menonton mainan ini juga menghasilkan uang. Tips kedua, ini investasi. Tips ketiga, dengan adanya mainan di rumah, suami jadi lebih sering ada di rumah," ujar Frans.

"Walaupun belum legowo tapi 'Ya sudah gimana kamu', yang penting hal positif uangnya juga tidak lari ke hal yang aneh-aneh tapi jadi mainan," tutup Frans Sanjaya di program Sosok.

(fuf/gah)