Kemenparekraf Buat Panduan Penyelenggaraan Konser Besar di Masa Pandemi

Tiara Aliya Azzahra - detikNews
Minggu, 03 Okt 2021 15:35 WIB
Menparekraf Sandiaga Uno
Sandiaga Uno (Foto: Kemenparekraf)
Jakarta -

Menparekraf Sandiaga Uno mengatakan pihaknya telah membuat panduan penyelenggaraan konser besar di masa pandemi COVID-19. Panduan itu akan dikeluarkan jika ada keputusan dari pemerintah daerah dan satgas COVID-19.

"Konser besar juga sudah memiliki panduannya termasuk dari Cleanliness, Health, Safety, Environment Sustainability (CHSE) nya. Jika koordinasi dengan pemerintah daerah sudah dilakukan dengan Satgas COVID, kita akan berikan panduannya," kata Sandiaga, saat ditemui di Pusat Grosir Cililitan (PGC) Jakarta Timur, Minggu (3/10/2021).

Sandiaga mengatakan pihaknya juga sudah mendapat beberapa pengajuan izin konser dari penyelenggara kegiatan. Namun, keputusan perizinan akan dikoordinasikan bersama pemda setempat.

"Ini belajar dari bioskop nanti konser juga melakukan hal yang sama. Kita sudah terbitkan panduannya untuk konser, teman-teman event organizer sudah mengajukan beberapa dan kita bantu kurasi, bantu fasilitasi dengan Pemprov DKI dan pemprov-provinsi, kabupaten, kota lainnya," ujarnya.

"Yang sudah diajukan banyaknya yang outdoor, jadi yang indoor kita evaluasi bersama," lanjut Sandiaga.

Evaluasi Uji Coba Pembukaan Bioskop

Sandiaga hari ini meninjau uji coba pembukaan bioskop di PGC, Jakarta Timur. Dia didampingi Wakil Gubernur DKI Jakarta, Ahmad Riza Patria.

"Hari ini kita melihat dengan mata kepala sendiri bagaimana bioskop sudah mulai diuji cobakan, yang terintegrasi dengan protokol kesehatan serta aplikasi PeduliLindungi dan kita meyakini jika kita disiplin dalam menerapkan protokol kesehatan tentunya bioskop ini akan semakin banyak yang dibuka," jelas Sandi

"Saya dapat informasi bahwa ini sudah 1.164 layar yang mulai di ujicoba kan dan target kita akan terus bertingkat, bertahap, dan berkelanjutan. Harapan kita bahwa bioskop ini akan terus mampu untuk diterapkan protokol kesehatan yang semakin meningkat," sambungnya.

Sandiaga berharap ke depannya minat masyarakat untuk pergi ke bioskop semakin meningkat. Untuk itu, pihaknya tengah menyiapkan skema promosi bioskop.

"Untuk menggenjot minat, makanya skema promosi itu yang kita akan mulai luncurkan dan ini mudah-mudahan bisa diserap bulan ini. Skema promosinya baru dari 1 Oktober jadi ini dimulai makanya kita hadir di tanggal 3 Oktober ini. Kita harapannya nanti akan terus meningkat melalui skema promosi," imbuhnya.

Simak video 'Saran Epidemiolog soal Penyelenggaraan Konser Musik saat Pandemi':

[Gambas:Video 20detik]



(eva/eva)